Senin, 27 Mei 2019 15:44

Menengok Kesiapan Kota Cimahi Menghadapi Arus Mudik Lebaran 2019

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna saat pengecekan kesiapan personil hingga kendaraan operasional lapangan, Senin (27/5/2019).
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna saat pengecekan kesiapan personil hingga kendaraan operasional lapangan, Senin (27/5/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna menyatakan, pihaknya siap menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Termasuk personel dan sarana pendukung.

Sebagai persiapan lanjutan, pengecekan kesiapan personil hingga kendaraan operasional lapangan dilakukan, Senin (27/5/2019) dalam kegiatan apel pagi di Lapangan Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah.

Baca Juga : Catat! Angkutan Barang Dilarang Melintas di Cimahi Ditanggal ini

"Untuk menghadapi mudik lebaran personil dan kendaraan operasional siaga. Harus menyiapkan antisipasi meski titik mudik Kota Cimahi tidak begitu banyak," ujar Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna didampingi Wakil Walikota Cimahi Ngatiyana.

Cimahi sendiri merupakan daerah lintasan para pemudik, khususnya pengendara roda dua. Mayoritas pemudik dengan tujuan Garut, Ciamis dan sekitarnya hingga Jawa Tengah-Jawa Timur.

Baca Juga : Mudik Nyaman, Fasilitas Kesehatan di Seluruh Wilayah Siap Layani Peserta JKN-KIS! 

Untuk pengamanan arus mudik, lanjut Ajay, ada sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dilibatkan. Di antaranya Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dan Dinas Kesehatan Kota Cimahi.

"Personil menyebar tiap dinas, mereka fokus pada urusan masing-masing. Seperti Dinas Pol PP harus menertibkan PKL maksimal malam takbiran pukul 22.00 WIB harus sudah bersih. Dinkes juga siapkan posko kesehatan, Dishub mengatur lalu lintas, serta BPBD untuk waspada bencana juga kita siapkan," bebernya.

Baca Juga : Ada Puskesmas 24 di Bandung Barat Selama Libur Lebaran 2019

Agar pemudik dan masyarakat Kota Cimahi lebih aman dan nyaman, pihaknya juga dipastikan bakal bekerja sama dengan aparat keamanan seperti unsur kepolisian dan militer.

"Kita antisipasi bersama rawan kriminalitas hingga kericuhan yang diakibatkan miras maupun petasan di malam takbiran itu kita larang. Kalau ada langsung diamankan," jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ruswanto menambahkan, personil Dishub Kota Cimahi yang disiagakan mencapai 60 orang yang akan ditempatkan di berbagai titik kepadatan di Kota Cimahi.

"Mereka akan berjaga di lapangan membantu aparat kepolisian mengatur lalu lintas. Termasuk menyiapkan rekayasa arus lalu lintas untuk memecah kemacetan," katanya.

Baca Lainnya