Jumat, 30 Agustus 2019 17:45

Menengok Calon Ibu Kota Jawa Barat di Kawasan Walini

Reporter : Fery Bangkit 
Foto Istimewa
Foto Istimewa [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Wilayah Walini yang berdomisili di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terasa gersang dan berdebu. Wilayah seluas 4.800 meter persegi itu menjadi salah satu kandidat Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan pantauan, debu berterbangan ketika kendaraan proyek atau milik warga melintas. Terlihat sejumlah bukit dengan alang-alang sisa terbakar. Kondisi tanahnya berbukit-bukit khas perkebunan, namun masih minim pepohonan.

Foto Istimewa

"Memang sekarang itu panas dan gersang, enggak malam, enggak siang. Apalagi saat musim kemarau seperti sekarang," ujar Ai Risma (42), warga setempat yang ditemui Jumat (30/8/2019). Secara administratif kawasan Ciwalini diapit oleh tiga desa. Yakni Desa Kananga, Mandalamukti dan Mandalasari. Pintu masuk Kebun Panglejar milik PTPN VIII ini berada di Jalan Raya Padalarang - Purwakarta. Rata-rata, ujar Ai, warga yang bekerja di wilayah ketiga desa tersebut bekerja serabutan atau kuli bangunan. Beberapa ada yang bekerja sebagai buruh pabrik di wilayah Bandung dan Kota Cimahi.

"Lokasi Cikalong Wetan ini tanggung, mau disebut kota bukan, disebut kampung juga bukan karena ramai lalu lalang kendaraan," kata Ai. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Cikalong Wetan, Hengki Manik mengatakan, pihaknya belum menerima surat secara resmi terkait wacana pemindaha ibu kota provinsi tersebut.

"Kabarnya sudah dari zaman pak Ahmad Heryawan mau pindah ke sini (Walini) tapi masih belum ada surat tembusan resmi," kata Hengki. Terkait iklim di Cikalong Wetan, Hengki tak menapik jika temperatur udara meningkat belakangan ini. "Dulu mungkin sejuk, tapi sekarang mulai sedikit panas. Saya juga tidak tahu penyebab pastinya," katanya.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal mengkaji rencana pemindahan ibukota Jawa Barat dari Kota Bandung. Ada tiga opsi pilihan yakni Tegalluar di Bojongsoang, Walini di Cikalongwetan, dan di antara Segitiga Rebana (Cirebon-Kertajati-Patimban). Sebelumnya, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menyatakan wilayah yang dipimpinnya siap menjadi Ibu Kota Jawa Barat. Menurutnya, kawasan Ciwalini sangat ideal. 

Baca Lainnya