Sabtu, 22 Desember 2018 14:52

Mendekati Naturu, Komoditas Pangan di Cimahi Mulai Merangkak Naik

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara.
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Mendekati Natal dan Tahun Baru (Naturu), gejolak harga sejumlah komiditas pangan di pasar tradisional Kota Cimahi mulai terasa.

Harga-harga pangan seperti daging ayam, berbagai jenis cabe dan bawang sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan sejak beberapa hari terakhir.

Baca Juga : Amankan Natal dan Tahun Baru, Seribu Lebih Personel Gabungan Diterjunkan

Daging ayam per Sabtu (22/12/2018) sudah mencapai Rp 40 ribu. Sementara bawang merah Rp 30 ribu. Kenaikan paling menonjol terlihat pada cabe rawit merah yang mencapai Rp 50 ribu serta cabe rawit hijau yang mencapai Rp 30 ribu.

"Cabe rawit merah itu awalnya Rp 40 sekarang jadi Rp 50, naik 25 persen. Kalau Cabe rawit hijau tadinya Rp 20, jadi 30, naik 50 persen," terang Agus Irwan, kepala Seksi Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Cimahi saat dihubungi via pesan singkat, Sabtu (22/12/2018).

Baca Juga : Jelang Naturu, Arus Kendaraan ke Lembang Diprediksi Naik 10%, Hari ini Terpantau Masih Lancar

Dikatakan Agus, sebetulnya kenaikan komoditas pangan khususnya berbagai sayuran bukan karena menjelang Natal dan Tahun Baru saja, melainkan karena faktor cuaca.

"Karena pengaruh cuaca, bukan karena permintaan yang meningkat jelang Natal dan Tahun Baru saja," ujarnya.

Baca Juga : Tenang, Stok BBM di Jabar Aman Saat Natal dan Tahun Baru

Dilanjutkanya, untuk memastikan harga stabil dan aman, pihaknya rutin melakukan monitoring ke lapangan. Termasuk jelang Natal dan pergantian tahun. Jika terjadi gejolak harga, pihaknya membuka kemungkinan untuk mengadakan operasi pasar, bekerja sama dengan instansi terkait.

"Kalau permintaan naik, kita koordinasi dengan pihak lain," tandasnya.

Nana (64), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Atas Cimahi menuturkan, memang sejak kemarin harga bawang dan cabe mengalami kenaikan. Namun untuk permintaan, kata dia, tetap berjalan normal seperti biasanya.

"Iya naik. Sekarang rata-rata cabe Rp 30-40 ribu," ucapnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer