Rabu, 9 Maret 2022 19:31

Mendapat Pengaduan Masyarakat, Dewan Sidak Ecowisata Cimenteng

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Mendapatkan informasi dan pengaduan masyarakat yang simpang siur, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi pembangunan Ecowisata Cimenteng, di RT 02 RW 12 Kelurahan Cipageran Kota Cimahi, pada Rabu (9/3/2022).

Sidak dilakukan Komisi III dan pimpinan DPRD Kota Cimahi untuk melakukan kros cek atas laporan masyarakat  yang diterima oleh DPRD.

“Saya bersama Komisi III DPRD melakukan sidak ke lokasi pembangunan Ecowisata Cimenteng ini karena mendapatkan laporan dan aduan masyarakat,” terang Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi Rini Marthini, usai melakukan Sidak di lokasi pembangunan Ecowisata Cimenteng, namun Rini tidak menjelaskan apa aduan yang disampaikan masyarakat tersebut.

Dikatakannya, setelah melakukan tinjauan lapangan dan melakukan dialog dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, dewan berpendapat terjadi miskomunikasi terkait dengan pembangunan Ecowisata Cimenteng, yang dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Barat tersebut.

Rini menambahkan, setelah dewan melakukan dialog dengan dinas dan konsultan proyek, pihaknya mengaku sudah mendapatkan kejelasan atas informasi yang sempat simpang siur tersebut. Bahkan, Disbudparpora akan memberikan data yang lengkap terkait dengan pembangunan Ecowisata Cimenteng.

“Pak Kadis nanti akan memberikan data yang ril sehingga tidak terjadi simpang siur di lapangan,” jelasnya.

Rini melanjutkan, pembangunan Ecowisata Cimenteng yang dilakukan ini merupakan upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun mengangkat para pelaku UMKM di Kota Cimahi, khususnya di wilayah sekitar,  karena kedepannya, akan ada kunjungan-kunjungan masyarakat, sehingga akan meningkatkan pertumbuhan pelaku UMKM.

Dia berharap, meskipun pembangunan Ecowisata Cimenteng ini dibiayai oleh Provinsi Jabar, tetapi koordinasi antara Pemkot Cimahi dan DPRD harus tetap dilakukan, karena DPRD juga akan turut andil dalam pembangunan ecowisata Cimenteng, untuk sarana penunjang lainnya seperti jalan masuk yang akan dikoordinasikan denga Dinas PUPR ataupun untuk taman-taman yang membutuhkan peran Dinas Lingkungan Hidup.

“Komunikasi dengan kami harus dilakukan karena Komisi III dan Bangar harus mendukung  apa yang direncanakan dalam pembangunan Ecowisata Cimenteng tersebut bisa terealisasikan,” pungkasnya.

 

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer