Sabtu, 26 Mei 2018 20:21

Menciptakan Pimpinan yang Paripurna dari Generasi Milenial

Reporter : Fery Bangkit 
Danseskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara (Tengah).
Danseskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara (Tengah). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Komandan Seskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara mendorong para generasi milenial menjadi pemimpin yang paripurna pada masa yang akan datang.

Hal itu disampaikannya usai menjadi pemateri 'Seminar Nasional Pemerintahan' di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, Sabtu (25/5/2018).

"Istilah saya memang kepempimnan yang paripurna, kepemimpinan yang lengkap," ujarnya.

Menurutnya, menjadi seorang pemimpin itu harus mampu menjawab berbagai tantangan. Untuk itu, pemimpin yang paripurna adalah merupakan sosok yang seharusnya mampu menjawab tantangan itu.

Apalagi, saat ini Indonesia tengah dihadapkan terhadap berbagai permasalahan. Misalnya, permasalahan internasional dengan China, terkait sengketa Laut China Selatan.

Dikatakan Mayjen TNI Kurnia, pengakuan China terhadap Laut China Selatan merupakan ancaman yang sangat kompleks bagi Indonesia, yang tentunya harus dihadapi.

"Ini kalau dibiarkan bisa mengambil sebagian dari wilayah kita," katanya.

Menurutnya, langkah yang harus dilakukan para pimpinan negeri ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan diplomasinya.

"Sehingga kepentingan geopolitik maupun geostrategi kita bisa terwadahi," ujarnya.

Ditegaskannya, dalam sistem politik luar negeri, Indonesia berpedoman pada politik bebas aktif. Artinya, Indonesia tidak memihak negara manapun, termasuk China ataupun Amerika.

Dengan sistem politik bebas ini, kata Mayjen TNI Kurnia, keahilan seorang pemimpin dalam memainkan diplomasi sangat penting.

"Tentunya para mahasiswa (generasi milenial) sebagai calon pemimpin dalam level apapun, perusahaan, pemerintah mesti dibekali tentang bagaimana kepemimpinan pada umumnya, khususnya kepemimpinan nasional," pungkasnya.

Baca Lainnya