Rabu, 21 November 2018 11:17

Membina Kreativitas Pemuda dengan Seni Tradisional Calung 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Ada sesuatu yang menarik dilakukan anggota DPRD Kota Cimahi asal Fraksi PDIP Yus Rusnaya. Anggota Komisi IV ini melakukan pembinaan kreativitas generasi muda di Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara melalui seni tradisional sunda berupa kesenian calung bagi para pemuda Kampung Tegalkawung Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara, yang dinamakan Grup Kaheman. 

Yus menerangkan, keterlibatannya dalam pembinaan seni calung ini karena melihat bakat dan potensi yang ada pada para pemuda Kampung Tegal Kawung dalam mencintai seni sunda khususnya seni calung. 

Baca Juga : Direktorat Kesenian Kemendikbud RI Pilih Cimahi Gelar Workshop Seni Media, ini Alasannya

"Kemauan dan bakat yang dimiliki pemuda disini menjadikan saya untuk ikut membina seni tradisional sunda," terangnya, kepada Limawaktu.id, Rabu (21/11). 

Menurut Yus tak hanya seni calung, di Kelurahan Cipageran juga banyak tersebar seni tradisional lainnya seperti celempung, karinding atau pencak silat. Eksistensi seni tradisonal ini perlu dilestarikan dengan melibatkan generasi penerus untuk mencintai seni tradisional yang dimiliki masyarakat sunda. 

"Meski baru berjalan sebulan, saya berharap para pemuda tetap berlatih sesuai dengan prestasi pribadinya untuk dikembangkan. Kami ingin grup calung ini menjadi ikon warga dan bisa dikenal di Kota Cimahi khususnya dan daerah lain," jelasnya. 

Ketua Grup Calung Kaheman Bambang Susanto mengungkapkan, para pemuda di Kampung Tegalkawung Cipageran memiliki bakat yang potensial untuk mengembangkan seni calung, karenanya meskipun baru sebulan, mereka sudah bisa memainkan alat musik calung. 

"Kami ingin melestarikan seni budaya sunda melalui seni calung ini dan seni lainnya. Kita ingin memberikan pemahaman kepada warga jika seni tradional calung dan lainnya perlu untuk dilestarikan," pungkanya.

Baca Lainnya