Rabu, 29 Agustus 2018 15:45

Membangun Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat Kelurahan Cibeber dengan Kotaku

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat terkait dengan penataan lingkungan yang bersih dan sehat dilakukan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Amanah Insani Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan. Pasalnya, belum semua warga mengetahui adanya program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Ketua BKM Amanah Insani Gerah Sontani mengungkapkan, Kelurahan Cibeber merupakan salah satu yang mendapatkan program Kotaku dari Kementerian PUPR dengan Kategori untuk pencegahan wilayah kumuh.

Baca Juga : Penataan Dranaise dan Air Bersih di Kelurahan Setiamanah dengan Kotaku

“Dari 14 RW yang ada di Kelurahan Cibeber, ada tiga RW yang menjadi sasaran pencegahan wilayah kumuh ini ,” ungapnya.

Dari tiga RW tersebut, penanggulangan air minum menjadi aspirasi warga Cibeber,  untuk pengadaan sarana air minum, selain tentang pengelolaan sampah yang masih menjadi prioritas. Pihaknya saat ini melakukan sosialisasi kepada para Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga : Mengurangi Jumlah Wilayah Kumuh di kelurahan Cibeureum dengan Kotaku

“Perlu adanya sinergitas antara program pemerintah dan keinginan masyarakat yang akan digarap dengan Kotaku. Selain sarana air bersih penataan saluran air bersih dan air kotor juga menjadi persoalan yang muncul di masyarakat,” sebutnya.

Dengan sosialisasi yang dilakukan BKM warga Kelurahan Cibeber akan mengetahui dan memahami tentang program Kotaku yang akan menyentuh warga Kelurahan Cibeber.

Sementara Kepala Kelurahan Cibeber Surnama mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya edukasi kepada masyarakat tentang pemilahan sampah yang harus dilakukan di lingkungan warga. Hal itu dilakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup.

“Meskipun belum maksimal, upaya ini diharapkan akan membantu menekan jumlah wilayah kumuh dengan melakukan usaha pencegahannya,” katanya.

Baca Lainnya