Rabu, 10 Januari 2024 17:32

Megawati : Kekuatan PDIP Ada pada Rakyat Bukan Karena Presiden, Menteri atau Elit

Reporter : Bubun Munawar
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyalami Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri HUT ke-51 PDIP, di sekolah Partai, Lenteng Agung Jakarta, yang disiarkan langsung melalui akun Youtube PDIP, Rabu (10/1/2024).
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyalami Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri HUT ke-51 PDIP, di sekolah Partai, Lenteng Agung Jakarta, yang disiarkan langsung melalui akun Youtube PDIP, Rabu (10/1/2024). [BPMI/Setwapres ]

Limawaktu.id, Jakarta - Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengajak para kader partainya untuk memperkuat kedekatan dengan rakyat.

Hal tersebut disampaikan Megwawati Soekarnoputri, saat menyempaikan pidato politiknya Memperingati HUT ke-51 PDIP, di sekolah Partai, Lenteng Agung Jakarta, yang disiarkan langsung melalui akun Youtube PDIP, Rabu (10/1/2024).

Menurut Megawati, usai PDIP bisa mencapai 51 tahun bukan karena elite partai, presiden ataupun menteri, tetapi kekuatan partainya ada pada rakyat .

“Kekuatan PDIP itu bukan karena presiden, menteri atau elit partai tetapi karena rakyat, “ katanya.

Karena itu Megawati meminta seluruh pengurus dan kader PDIP untuk memperkuat akar rumput, karena merupakan kekuatan ril dari PDIP.

"Perkuatlah akar rumput. Sebab, itulah kekuatan riil kita. Camkan hal ini sebagai sebuah napas kontemplasi kita. 51 tahun kita bisa jadi begini bukan karena elite, bukan karena presiden, bukan karena menteri, tapi karena rakyat yang mendukung kita," paparnya.

Dia  menjelaskan dalam berbagai kesempatan  sering menyebut akar rumput dalam setiap pidato politiknya. Akar rumput adalah rakyat. Itu pun memiliki filosofi tersendiri sehingga Megawati memiliki istilah sendiri untuk menyebut rakyat.

 "Rumput memiliki daya survival yang tinggi, sehingga meskipun dibakar, dipotong, dimatikan, dicabut, tetap akan selalu tumbuh. Karena akarnya selalu siap untuk tumbuh kembali. Tolong ingat! Itulah rakyat," pesan Presiden kelima RI ini.

Lebih jauh, Megawati juga menilai bahwa rakyat sama seperti rumput yang tidak pernah menyerah dan dapat tumbuh di mana pun berada. Rumput, sebut Megawati, mampu tumbuh di gunung, tanah gersang, bahkan di laut.

 "Jangan lupa, di laut ada rumput laut," tutur dia. Oleh karena itu, dia mengingatkan semua kader tetap memperkokoh jalinan dengan rakyat. Ia meminta semua kader solid bergerak bersama rakyat.

"Karena itulah betapa pentingnya turun ke bawah, ke akar rumput, ke rakyat," ungkapnya.

Baca Lainnya