Selasa, 12 April 2022 21:18

Mayjen TNI Totok Imam Raih Predikat Cumlaude Doktor Ilmu Komunikasi

Reporter : Bubun Munawar
Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Danpussenarmed)  Kodiklat TNI Angkatan Darat   Mayjen TNI Totok Imam Santoso  dan keluarga berfoto bersama usai Sidang Promosi Doktor (di Gedung Sahid, Universitas Sahid (Usahid) Jakarta, Selasa (12/4/2022
Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Danpussenarmed) Kodiklat TNI Angkatan Darat Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan keluarga berfoto bersama usai Sidang Promosi Doktor (di Gedung Sahid, Universitas Sahid (Usahid) Jakarta, Selasa (12/4/2022 [Istimewa]

Limawaktu.id,- Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Danpussenarmed)  Kodiklat TNI Angkatan Darat   Mayjen TNI Totok Imam Santoso meraih gelar Doktor dengan predikat Cumlaude, usai Sidang Promosi Doktor (SPD) di Gedung Sahid, Universitas Sahid (Usahid) Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Dalam Sidang Promosi Doktor tersebut, Totok  memaparkan disertasi berjudul “ Model Komunikasi Intruksional Pendidikan Militer sebagai Upaya Mewujudkan Center of Excellence ” (Studi Kasus : AKADEMI MILITER Magelang), sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Doktor dalam Ilmu Komunikasi.

Dalam SPD yang juga dihadiri Direktur Pasca Sarjana  Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, M. si. serta Wakil Inspektur Jenseral Mayjen TNI Hasnudin, dan Dekan Fakultas Strategi Pertahanan (FSP) Mayjen TNI Priyanto.

Totok memaparkan  Salah satu proses penting dalam memajukan Sumber daya manusia (SDM) guna mencerdaskan kehidupan bangsa yang sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dan Undang-Undang  Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).   

Menurut Totok, Komunikasi Intruksional dalam Pendidikan merupakan sebuah bidang keilmuan yang luas dan hal penting serta merupakan suatu keniscayaan yang harus dapat di bangun untuk menjawab tuntutan tersebut.

“Selanjutnya, model komunikasi ini perlu mendorong taruna Akmil Untuk menjadi akselerator dalam proses belajar mengajar dengan mengedepankan komunikasi dua arah.

Selain itu kata Totok harus dimiliki   role modelling sebagai acuan mengajar, mampu membangun interaksi dan intensitas komunikasi dengan taruna, serta mampu menerapkan peran sebagai Gadik/Dosen dengan model komunikasi komando/intensif dan juga sebagai Gadik non-militer .

“Dengan komunikasi lentur atau  diskusi bisa  mengembangkan daya kreatif  Taruna guna menjawab tuntutan Akmil sebagai Center of Excellence,”  ungkapnya.

Keberhasilan Totok mempertahankan disertasinya ini juga menjadi bukti keberhasilan dirinya menjadi Gubernur Akmil, sejak 2020 hingga 2021,  serta Danpussenarmed sejak 2021 hingga sekarang.

Totok  merupakan putra kelahiran Magetan, Jawa Tengah yang semasa berkarier di militer merupakan Prajurit yang berprestasi dalam setiap pendidikan.

Direktur Pasca Sarjana Universitas Sahid Jakarta   Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, M. si mengucapkan selamat dan sukses kepada Danpussenarmed  Mayjen  TNI Doktor Totok Imam Santoso S.IP S.Sos M Tr (Han), yang telah sukses  melaksanakan sidang terbuka dengan Predikat Cumlaude.

“Atas nama civitas akademika Universitas Sahid saya mengucapkan selamat dan sukses semoga karir komandan terus maju,” pungkasnya.

Baca Lainnya