Jumat, 11 Januari 2019 11:53

Mau Naik Sakoci, ini Besaran Tarif dan Jumlah Rutenya!

Reporter : Fery Bangkit 
Bus Sakoci Kota Cimahi
Bus Sakoci Kota Cimahi [Ferry Bangkit]

Limawaktu.id - Tarif bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) telah ditentukan. Begitupun dengan rute-rute yang akan jadi destinasinya.

Soal tarif, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Cimahi selaku pengelola sudah ditentukan sama dengan tarif Bandung Tour On Bus (Bandros) Kota Bandung.

Baca Juga : Rumah Jagal Hewan di Cimahi Terbengkalai, Pegiat Heritage: Pemkot Cimahi Kebingungan

Bearannya Rp20.000 per orang untuk wisatawan dewasa, Rp15.000 per orang untuk anak-anak.

Sementara rutenya dilewati diantaranya dari Kampung Adat Cireundeu, Makam Kerkoff, Gedung Cimahi Technopark, Pusdik Armed, penjara Poncol, dan ke tempat bersejarah lainnya, hingga akhirnya tiba di Alun-alun Kota Cimahi maupun sebaliknya.

Baca Juga : Soal Kelanjutan RPH, Pemkot Tunggu Penyelesaian PERDA

Ketua Organda Kota Cimahi, Dida Suprinda, mengungkapkan, tarif tersebut disepakati setelah melakukan pertemuan dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) serta Dinas Perhubungan. Sebab, bus wisata itu digunakan untuk mendukung program wisata Cimahi Military Tourism.

"Tarifnya hampir sama dengan Bandros Kota Bandung. Itu juga hasil kesepakatan dengan dinas terkait yang bekerjasama dengan Organda dalam operasional Sakoci. Sudah ada perwalnya," ungkap Dida saat dihubungi via sambungan telepon, Jum'at (11/1/2019).

Baca Juga : Hadiri Pelatihan Pemandu Wisata, Wakil Wali Kota Cimahi Beberkan Tanggal Launching Wisata Heritage

Sebelum bisa digunakan oleh masyarakat umum, bus Sakoci akan diujicobakan terlebih dahulu pada tanggal 19 Januari mendatang, yang rencananya akan dikendarai langsung oleh Wali Kota Cimahi.

"Sekarang kan masih tahap penyelesaian dan pengecekan fasilitas. Rencananya Minggu ini akan dipamerkan dulu di CFD Cimahi, baru tanggal 19 Januari diujicoba keliling Cimahi," ujarnya.

Baca Juga : Namanya Wisata Heritage Cimahi, Jangan Sampai Makan di Bandung

Pengelolaan dan perawatan bus Sakoci sendiri sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Organda. Ujicoba nanti juga untuk menghitung berapa banyak bahan bakar yang digunakan dalam satu kali trip.

"Untuk anggaran bensin, sopir dan guide, dan perawatan unitnya belum bisa dipastikan, jadi nanti dihitung dulu setelah diujicoba," jelasnya.

Kepala Disbudparpora Kota Cimahi, Budi Raharja, berharap penggunaan bus Sakoci bisa meningkatkan daya tarik Kota Cimahi di mata wisatawan luar Cimahi.

"Tentu tujuannya untuk menjual Kota Cimahi, dengan Sakocinya, dengan wisata heritagenya, dan dengan potensi lainnya. Bus ini rencananya beroperasi setiap hari, untuk jam operasionalnya masih dibahas," ucapnya singkat.

Baca Lainnya