Jumat, 29 Juli 2022 21:50

Masyarakat Bisa Akses Data Pemilih di Aplikasi Lindungi Hakmu

Reporter : Bubun Munawar
KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyasar usia pemilih pemula yang berasal dari SMA/SMK dan MA yang berada di KBB.  Jum;at (29/7/2022)
KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyasar usia pemilih pemula yang berasal dari SMA/SMK dan MA yang berada di KBB. Jum;at (29/7/2022) [Istimewa]

Limawaktu.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB),  sesuai amanat PKPU No 6 tahun 2022 tentang Mutarlih, berupaya menarik kesadaran pemilih pemula untuk bisa mendaftarkan diri sebagai pemilih secara langsung pada aplikasi 'Lindungi hakmu Mobile' yang bisa diunduh pada smart phone .

Aplikasi tersebut memiliki empat fitur yang dapat dimanfaatkan, antara lain Cek Data Pemilih, Rakapitulasi Data, Daftar Jadi Pemilih serta Lapor TMS.

Aplikasi Lindungi hakmu ini, bisa diakses melalui aplikasi mobile, pengguna dapat memasukan NIK kemudian akan muncul nama, NIK, dan lokasi TPS. Selain itu didalam aplikasi lindungi hakmu juga terdapat rekapitulasi data pemilih dari tingkat provinsi hingga TPS, tetapi data yang muncul tidak mencantumkan NIK secara lengkap untuk melindungi data masyarakat.

Sementara, guna memperoleh data pemilih pemula yang signifikan, dalam Data Pemilih Berkelanjutan (DPB), KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyasar usia pemilih pemula yang berasal dari SMA/SMK dan MA yang berada di KBB.

Data pemilih tersebut dihasilkan dari pendataan pihak sekolah yang kemudian di sinkronisasi oleh operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU KBB. Sinkronisasi dilakukan dengan mencocokkan NIK, No Kartu Keluarga serta elemen data penduduk lainnya sehingga tercatat sebagai pemilih baru di tempat domisilinya masing-masing.

Hingga akhir Juli ini, KPU KBB telah mencatat jumlah pemilih pada DPB sebanyak 1.211.735 orang yang tersebar pada 165 desa di 16 kecamatan se-KBB. Tercatat 602.022 orang di antaranya berjenis kelamin perempuan, DPB pada bulan ketujuh itu mencatat sebanyak 57 orang pemilih pemula.

"Kami bekerjasama dengan sejumlah sekolah pada beberapa kecamatan di KBB. Kedepan mudah-mudahan akan kami peroleh data maksimal yang berasal dari seluruh sekolah menengah di KBB, " ujar Ketua KPU KBB, Adie Saputro didampingi Kadiv Datin Yuga Wira Praja dan Kasubbag Perdatin Fren Satria Mulya di Sekretariat KPU KBB, Jumat (29/7/2022).

Baca Lainnya