Sabtu, 23 Juni 2018 19:23

Masih ada Bus Ilegal, Dishub Minta Pengusaha Segera Urus Izin

Reporter : Fery Bangkit 
Bus reguler yang beroprasi di Cimahi.
Bus reguler yang beroprasi di Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota cimahi meminta semua bus reguler segera mengurus rekomendasi izin beroperasi di Kota Cimahi.

Pasalnya, kata Ranto Sitanggang, Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Cimahi, yang terdata baru empat PO bus reguler yang mengantongi izin. Di antaranya MGI, Budiman, Bhineka dan Sahabat. Sisanya ilegal.

"Di luar itu, mereka ilegal karena sampai saat ini kami belum menerima permmohon izin trayek," ungkapnya, Sabtu (23/6/2018).

Dikatakannya, ada bus reguler selain empat bus di atas yang beroperasi ilegal di Kota Cimahi. Seperti Rajawali dan Santika. Mereka kerap menaikan dan menurunkan pemumpang di Kota Cimahi.

Ditegaskannya, dari pada bus ilegal tersebut kucing-kucingan melayani penumpang di Kota Cimahi, Ranto menyarankan untuk segera mengurus izin.

Dijelaskan Ranto, penertiban izin trayek sendiri dikeluarkan oleh Dishub Provinsi Jawa Barat. Sebab, bus reguler di Kota Cimahi semuanya merupakan bus lintas kabupaten/kota hingga provinsi.

"Dishub (Kota Cimahi) hanya memberikan rekomendasi saja, dan disetujui provinsi," terang Ranto.

"Silahkan mengajukan rekomendasi dan kita akan bahas tehadap permohoan mereka, daripada kucing-kucingan," tambahnya.

Ranto mengklaim, selama ini pihaknya kerap melakukan tindakan terhadap bus ilegal di Cimahi. Tindakan yang diberikan berupa sanksi teguran hingga sanksi tilang.

Sanksi terhadap bus reguler ilegal sendiri, lanjut Ranto, kerap ditembuskan kepada Dishub Provinsi Jawa Barat. Pasalnya, mereka memiliki wewenang lebih terhadap bus-bus yang beroperasi di Cimahi.

"Teguran sering. Kalau tertangkap tangan sifatnya kita memberikan penilangan," ucapnya.

Diakui Ranto, memang bus-bus reguler meskipun ilegal tapi memiliki manfaat bagi masyarakat Kota Cimahi. Pasalnya, layanan transportasi semakin mudah didapat. Namun, tegasnya, tetap saja semua bus jenis apapun harus memiliki izin.

Baca Lainnya