Selasa, 13 Maret 2018 14:33

Masa Berlaku KK Merah Telah Berakhir

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net]

Limawaktu.id,- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi tengah melakukan pemutakhiran data kartu keluarga (kk) se-Kota Cimahi.

Pemutakhiran KK dilakukan untuk mengganti KK lama yang berwarna merah dan masih tandatangan Camat, dan akan diperbaharui dengan tandatangan Kepala Disdukcapil.

"Sekarang lagi pemutakhiran KK lama yang warna merah, zaman dulu. Sekarang harus tandatangan Kepala Dinas," terang Kepala Seksi Pendataan Penduduk Disdukcapil Kota Cimahi, Niagara Rahardja saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (13/3/2018).

Aturan tersebut tertuang dalam Undang-undang Nomor Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Dikatakan Aga, sapaan akrab Niagara, pemutakhiran KK sudah berlangsung sekitar dua pekan. Dalam melakukan pemutakhiran ini, pihaknya jemput bola langsung ke lapangan.

"Kita sedang ngadain jemput bola," kata Aga.

Dikatakannya, jemput bola pemutakhiran data ini dilakukan di setiap kecamatan. Untuk awal ini, pihaknya akan fokus melakukan pemutakhiran di wilayah Kecamatan Cimahi Utara.

Sebelum pemutakhiran ini, pihaknya terlebih dulu melakukan sosialisasi terhadap pihak kelurahan dan para Ketua RT dan RW se-Kota Cimahi.

Dari hasil selama dua pekan mengadakan pemutakhiran KK, pihaknya mendata sudah ada sekitar 500 KK lama milik warga yang ingin diperbaharui.

"Per hari itu rata-rata 30-50. Hampir dua (2) minggu berjalan sudah 500," terangnya.

Baca Lainnya