Kamis, 15 Juni 2023 20:53

Maria Fitriana Sebut Industri Pengolahan Penyumbang Terbesar PDRB Kota Cimahi

Reporter : Bubun Munawar
Memperingati HUT ke-22 Kota Cimahi Digelar Semarak Fashion Show dan Gelar Produk IKM dan Industri, Kamis (15/6/2023)
Memperingati HUT ke-22 Kota Cimahi Digelar Semarak Fashion Show dan Gelar Produk IKM dan Industri, Kamis (15/6/2023) [Humas Kota Cimahi]

Limawaktu.id,- Pj. Sekretaris Daerah Kota Cimahi yang juga Plh. Wali kota Cimahi Maria Fitriana mengungkapkan, Sektor industri pengolahan memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi sebuah negara atau daerah, hal ini terlihat dalam kontribusi sektor industri pengolahan terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia selalu tertinggi.

Dia menyebutkan, kontribusi industri pengolahan terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Jawa Barat dan Kota Cimahi selalu tertinggi, pada tahun 2021-2022, kontribusinya berturut-turut sekitar 41,80% dan 42,24% serta 46,33% dan 47,86% dan juga industri kecil dan menengah (ikm) merupakan salah satu sektor pada usaha kecil dan menengah yang menekankan proses industri/ pengolahan (manufacturing) dalam aktivitasnya.

Hal itu diungkapkannya, saat membuka kegiatan Fashion Show dan Gelar Produk IKM dan Indusri memperingati Hari Jadi ke-22 Kota Cimahi, bertempat di komplek perkantoran Pemerintah Daerah Kota Cimahi pada Kamis (15/06/2023).

Pada momentum  hari jadi Kota Cimahi ke-22 tahun ini Fitriana mengajak seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi untuk senantiasa bersyukur pada Allah SWT atas pencapaian pembangunan yang telah dilaksanakan.

“Saya mengajak seluruh pegawai di lingkungan pemerintah daerah Kota CImahi dan masyarakat Kota Cimahi untuk ikut serta mensukseskan gerakan nasional bangga buatan indonesia (BBI) dan program bela beli produk lokal kota cimahi melalui pembelian/peningkatan penggunaan produk lokal. mari jadikan produk dalam negeri sebagai tuan rumah di negeri sendiri” tuturnya  di hadapan warga yang hadir dan ASN  di lapangan apel Pemerintahan Daerah Kota Cimahi.

Semarak Fashion Show dan Gelar Produk IKM dan Indusri yang digelar Kamis 15 Juni 2023 dan Sabtu 24 Juni 2023 ini diikuti oleh desainer dan pelaku IKM fashion/tekstil dan produk tekstil Kota Cimahi; pelaku IKM dan industri  sektor makanan dan minuman, kerajinan, serta fashion/tekstil dan produk tekstil, furniture dan aneka serta seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi Dadan Darmawan menyampaikan bahwa tujuan diadakannya gelar Fashion Show dan Gelar Produk IKM dan Indusri adalah diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar pegawai.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga sebagai wadah apresiasi untuk pelaku IKM dan industri di Kota Cimahi serta peningkatan sinergitas serta kolaborasi antara dunia usaha industri dengan Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

“Melalui gelar produk IKM dan industri, merupakan upaya mengenalkan brand  dan produk IKM dan industri Kota Cimahi guna mewujudkan IKM dan industri yang berdaya saing serta mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan juga program bela beli produk lokal Kota Cimahi melalui peningkatan penggunaan produk dalam negeri  (terjadi transaksi jual beli produk IKM dan industri Kota Cimahi),” katanya.

Baca Lainnya