Selasa, 26 Februari 2019 14:49

Mampukah Pemkab Bandung Barat Realisasikan Pemasangan 1.566 PJU Tahun ini?

Reporter : Fery Bangkit 
Salah satu titik pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) Di Kabupaten Bandung Barat (KBB).
Salah satu titik pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) Di Kabupaten Bandung Barat (KBB). [Instagram Hengkykurniawan]

Limawaktu.id - Sebanyak 1.566 Penerangan Jalan Umum (PJU) bakal dipasang tahun ini di sejumlah titik sejumlah titik di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Terutama di wilayah selatan, seperti Cililin. 

Duit pembuatan PJU itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) KBB sebanyak 566 titik, serta dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebanyak 1.000 titik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KBB, Ade Komarudin mengatakan, rencana tersebut diharapkan terealisasi semuanya di tahun ini guna mewujudkan program 'Bandung Barat Caang' yang dicanangkan oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

"Harus diakui bahwa jumlah itu masih kurang karena terdapat sejumlah titik ruas jalan yang kondisi penerangannya masih minim," kata Ade, Selasa (26/2/2019).

Menurutnya, proyeksi pemasangan PJU baru itu lebih kepada daerah yang memang masih belum ada PJU. Hal itu dikarenakan kondisinya yang masih minim penerangan membuat kawasan tersebut rawan terjadi kecelakaan dan juga tindak kriminalitas. Kawasan itu tersebar mulai dari di wilayah Cisarua, Cikalongwetan, Cipeundeuy, dan banyak juga di wilayah KBB bagian selatan.

Terkait jumlah PJU yang sudah terpasang hingga saat ini, Fauzan mengklaim jumlahnya sudah cukup banyak meskipun belum ideal. Hingga tahun 2016 berdasarkan data dari pihak PUPR, ada sebanyak 3.300 PJU. Kemudian di tahun 2017 ada pemasangan 238 PJU, di 2018 ada juga pemasangan baru 536 PJU dan tahun ini 566 PJU yang akan dipasang di jalan desa dan jalan kabupaten.

"Kami memang lebih fokus ke jalan desa dan kabupaten, karena kalau untuk PJU di jalan nasional ataupun provinsi kami coba minta bantuan ke Pemrov Jabar dan juga pemerintah pusat," jelas Ade..

Seperti PJU di untuk di Jalan Raya Padalarang-Tagog-Purwakarta, karena itu jalan nasional maka diajukan bantuan ke pusat. Sedangkan untuk Jalan Underpass Padalarang-Cisarua coba diajukan bantuan ke pemprov sebab statusnya adalah jalan provinsi. 

Tahun ini KBB juga mendapatkan bantuan program CSR sebanyak 1.000 PJU dari perusahaan multinasional dan itu cukup membantu, karena jika mengandalkan APBD anggarannya lumayan besar.
"Prinsipnya program 'KBB Caang' yang dicanangkan pa bupati adalah untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan lalu lintas di jalan. Sehingga dampak lainnya kawasan menjadi tertata, indah, dan bisa menimbulkan kebangkitan ekonomi baru bagi masyarakat," pungkasnya. 

Baca Lainnya