Selasa, 5 April 2022 4:26

Maksimalkan Donasi Sosial, Alumni ITB Bentuk Perseroan

Reporter : Iman Nurdin
Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) membentuk perseroan terbatas (PT) bernama PT Salam Kreasi Ganesha (SKG) untuk meningkatkan kontribusi sosial terhadap masyarakat, Senin (4/4)
Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) membentuk perseroan terbatas (PT) bernama PT Salam Kreasi Ganesha (SKG) untuk meningkatkan kontribusi sosial terhadap masyarakat, Senin (4/4) [Istimewa]

Bandung (limawaktu.id) - alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) membentuk perseroan terbatas (PT) bernama PT Salam Kreasi Ganesha (SKG) untuk meningkatkan kontribusi sosial terhadap masyarakat. Pada permulaan, perusahaan yang berorientasi pada laba ini memiliki unit usaha yakni Salam Ganesha Academy (SGA) yang menyediakan materi atau pembelajaran online yang dapat diakses untuk orang banyak, INVES (platform edukasi online yang interaktif, idegajah (creative production & Event Organizer), serta EDMIT (Ed-Tech Summit, Event Education Technology tahunan).

Penandatanganan akta pendirian PT SKG dilakukan pada 1 April 2022 oleh pemilik saham dan manajemen di antaranya Yani Panigoro selaku Ketua MWA ITB, Yusmar Anggadinata selaku Direktur Utama PT LAPI ITB, serta Marko Rasuandi, Vanny Wulandari Katili dan sejumlah lumni ITB lainnya yang selama ini aktif dalam penggalangan dana sosial.

CMO PT. SKG, Aisha Prisamahyati, menjelaskan, berdirinya perusahaan ini didasari keinginan pihaknya agar lebih maksimal dalam memberi bantuan sosial khususnya terkait pendidikan di ITB. Selama ini, pihaknya memanfaatkan donasi dari masing-masing alumni dalam menjalankan misi sosialnya itu.

"Sejak 2019, dalam rangka memeringati 100 tahun ITB, para alumni bergerak untuk menggalang dana abadi melalui lembaga Salam Ganesha," katanya di Bandung, Senin (4/4). 

Dengan berbentuk PT, pihaknya berharap penggalangan dana sosial ini bisa lebih maksimal sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya.

"Semoga dengan berbentuk PT ini, kami juga bisa lebih profesional dalam menggalang dana sosial," ujar Aisha. Meski berbentuk PT yang berorientasi pada laba, dia memastikan seluruh keuntungan PT. Salam Kreasi Ganesha akan disalurkan untuk kepentingan sosial yang selama ini telah dijalankan.

"Kami melakukan bisnis sosial yang diharapkan bisa memberi perubahan besar bagi banyak orang dan memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya. Aisha menuturkan, PT SKG akan meneruskan misi sosial yang sebelumnya dijalankan Salam Ganesha.

Selama ini, kata dia, donasi dari para alumni itu disalurkan untuk beasiswa mahasiswa, pembangunan infrastruktur ITB, kesejahteraan pegawai dan tenaga pendidik ITB, serta pengabdian masyarakat. Selain itu, tambah dia, dana abadi inipun digunakan untuk membantu penelitian dan riset yang dilakukan ITB.

"Semua kami salurkan melalui Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB," ujarnya. 

Sementara itu, susunan kepengurusan PT SKG: Komisaris Utama: Yani Panigoro, Komisaris: Yusmar Anggadinata, Direktur Utama: Vanny W. Katili.

Baca Lainnya