Selasa, 9 Mei 2023 19:33

Mahfud Singgung Pentingnya Perangi Perdagangan Orang di KTT ASEAN

Penulis : Bubun Munawar
Menkopolhukam Mahfud MD memimpin pertemuan ke-26 Asean Political and Security Council (APSC) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi NTT., Selasa (9/5/2023)
Menkopolhukam Mahfud MD memimpin pertemuan ke-26 Asean Political and Security Council (APSC) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi NTT., Selasa (9/5/2023) [Instagram]

Limawaktu.id,- Menkopolhukam Mahfud MD bersama Menlu Retno Marsudi memimpin pertemuan ke-26 Asean Political and Security Council (APSC) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi NTT.

“Selaku koordinator dan penanggung jawab Pilar Politik dan Keamanan ASEAN, saya mengajak seluruh negara anggota ASEAN untuk meningkatkan upaya memerangi maraknya kejahatan transnasional di ASEAN, dari terorisme, narkoba, dan terutama perdagangan orang,” ungkap Mahfud, Selasa (9/5/2023).

Meurutnya, Presiden Jokowi besok akan membuka KTT ASEAN ke-42 yang dihadiri para kepala negara ASEAN. Para pemimpin ASEAN akan mendeklarasikan komitmen bersama pemberantasan perdagangan manusia.

“Perjanjian itu akan mencegah kawasan ini menjadi surga bagi para kriminal, sekaligus menguatkan status ASEAN sebagai masyarakat berbasis hukum,” katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyebutkan,  selain menyiapkan tempat untuk KTT ASEN, pemerintah juga menyiapkan dukungan pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo di Labuan Bajo.

Rumah sakit ini dibangun dengan bantuan dari Kementerian Kesehatan, baik gedung maupun peralatannya. Pralatan di RSUD Komodo sudah sangat bagus dan cukup lengkap untuk penanganan sejumlah penyakit berat.

Meskipun demikian, masih perlu penambahan dokter spesialis di rumah sakit ini.

“Untuk itu, Kementerian Kesehatan dan RSUD Komodo saya harapkan bisa mengejar kekurangan dokter spesialis agar masyarakat setempat tidak perlu berobat ke luar kota,” pungkasnya.

Baca Lainnya