Jumat, 22 April 2022 14:53

Mahfud MD : Tidak ada Sistem Khilafah Islam yang Baku

Penulis : Bubun Munawar
Menko Polhukam Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD [Instagram]

Limawaktu.id,-  Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD mengungkapkan, dirinya sudah  berkali-kali berdialog dengan MUI, NU, Muhammadiyah, kampus2, Pondok Pesantren, ke berbagai TV, dan nulis di media.

“Tak ada yg bisa menunjukkan ada sistem baku dari Qur'an dan hadits tentang sistem Khilafah dalam bernegara. Semua setuju bahwa sistem bernegara setelah Nabi wafat itu hasil ijtihad yg selalu berbeda. Mengapa? Ya, karena memang tidak ada sistem baku,” ungkapnya, dalam akun instagramnya, Jum’at (22/4/2022)

Dia meminta untuk tunjukkan kepada publik dengan runut dan logis secara fikih, kapan dan dimana pernah ada sistem khilafah Islam yang baku? Carilah sejak zaman Abu Bakar sampai sekarang. Antara sistem Abu Bakar dan Umar dan kemudian ke Usman dan seterusnya juga sistemnya selalu beda.

“Orang-orang ini pun kalau diajak diskusi paling nanti hanya seperti yang lain dan bilang, "oh begitu toh maksudnya. " jelasnya.

Dia menyarankan agar pihak-pihak yang mendatanginya untuk mendialogkan dan mengajukan proposal Khilafah agar Pertama, datanglah ke Muhammadiyah, NU, MUI, dan ormas-ormas  Islam dan tunjukkan mana sistem bernegara yg baku menurut Islam.

“Ingat, kita bicara sistem, bukan nilai. Kalau soal nilai, anak Tsanawiyah juga tahu semua,” katanya.

Kedua, kata dia,  kalau soal aspirasinya ya salurkan ke parpol, DPR/MPR karena kalau mengusulkan perubahan sistem tempatnya ya di institusi-institusi tersebut. Mungkin saja ada parpol Islam yang tertarik. Kan aktivis parpol Islam banyak tahu fikih dan usul fikih.

Ketiga, kalau tak ada parpol Islam yang tertarik (karena tak percaya) ya ikut pemilu sendiri saja. Buat parpol, lalu ikut pemilu.

“Saya tak ada waktu melayani dialog yg hanya sensasi karena dialog2 terbuka sdh terus saya lakukan. Saya kan sdh selalu dialog terbuka dimana-mana,” pungkasnya.

Baca Lainnya