Rabu, 12 Desember 2018 10:53

Mahasiswa Memiliki Peranan Strategis di Pemilu 2019 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Para mahasiswa sebagai kaum terdidik dan memiliki intelektual yang tinggi memiliki perananan yang strategis untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilihan Umum 2019. Karenanya, para mahasiswa bisa memaksimalkan  peranannya itu.

Hal tersebut disampaikan H. Bambang Setiadi, politisi Partai Nadem, usai kegiatan Seminar Kebangsaan bertajuk Peranan Mahasiswa dalam Pesta Demokrasi 2019, yang digelar Liga Mahasiswa Nasdem Kota Cimahi, pada Selasa, (11/12). 

Baca Juga : Ketua Bapilu NasDem KBB Wafat, Plt Bupati Bandung Barat Soroti Kinerja KPU KBB

Caleg DPRD Jawa Barat asal Partai Nasdem ini menjelaskan, secara kelembagaan, institusi pendidikan tinggi tidak boleh melakukan kegiatan politik praktis, tetapi secara pribadi atau kelompok, para mahasiswa bisa membuat kaukus yang terkait dengan dunia politik.

"Diluar kampus mahasiswa boleh melakukan aktivitas poltiknya," jelasnya. 

Dikatakan Bambang, mahasiswa bisa mengambil peranannya di pesta demokrasi lima tahunan yang akan digelar pada April 2019. Karena parpol terutama Nasdem memberikan ruang apresiasi bagi para mahasiswa untuk berkiprah di dunia politik. 
"Mahasiswa diluar kampus harus ikut serta dalam kegiatan politik, makanya di Partai Nasdem ada Liga Mahasiswa untuk mewadahi mereka," paparnya. 

Bambang melanjutkan, terkadang parpol lemah dalam melakukan kaderisasi makanya saat ada pelaksanaan pesta demokrasi para artis atau penyanyi sering dijadikan figur calon untuk ikut bertarung. 

"Konotasinya karena parpol masih berpikiran tentang popularitas, sehingga banyak memunculkan publik figur, artis atau penyanyi, itu karena lemah dalam kaderisasi, mahasiswa bisa mengambil peran dalam proses kaderisasi sebuah partai politik," ungkapnya. 

Sementara Ketua Liga Mahasiswa Nasdem Kota Cimahi Irwan Max mengatakan, digelarnya Seminar Kebangsaan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa yang ada di Cimahi untuk berperan aktif dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Baca Lainnya