Rabu, 20 Desember 2017 10:52

Maaf, Peluang Honorer jadi CPNS Langsung Sudah Tertutup

Reporter : Fery Bangkit 
Kantor BKD Kota Cimahi.
Kantor BKD Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Peluang honorer di Kota Cimahi diangkat langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) semakin tertutup. Terutama untuk honorer berusia di atas 33 tahun.

"Tidak ada honorer terangkat menjadi CPNS. Tidak ada lagi istilah pengangkatan langsung," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi, Harjono saat ditemui di Komplek Pemerintahan Kota Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu (20/12/2017).

Di Kota Cimahi, ada sekitar 2.100 tenaga honorer. Ribuan honorer tersebut tersebar mulai dari tenaga kesehatan, guru, pegawai pemerintahan dan lain-lain. Mereka menantikan untuk diangkat langsung menjadi CPNS.

Sayang, harapan mereka untuk diangkat langsung menjadi CPNS harus kandas. Sebab, tak ada lagi istilah pengangkatan langsung.

Satu-satunya peluang mereka agar menjadi CPNS ialah melewati seleksi CPNS. Itu pun harus memenuhi persyaratan umum yang ditentukan pemerintah pusat.

"Kalau temen-temen dari honorer mau jadi CPNS, itu melalui tes, ikut mendaftar," kata Harjono.

Dikatakan Harjono, kemungkinan tahun 2018 pemerintah pusat akan membuka seleksi CPNS. Namun, hanya untuk tiga formasi, yakin tenaga pendidikan, kesehatan dan tenaga insfratuktur.

"Kemungkinan tahun 2018 akan ada penerimaan CPNS, tetapi setau kami dibatasi. Belum ada kepastian," tandasnya. (kit)*