Senin, 21 November 2022 10:13

LPHD Desa Laman Satong Lestarikan Hutan untuk Anak Cucu

Penulis : Halomoan Aritonang

Limawaktu.id Ketapang , Yohanes Heryono Dogol, Sekretaris Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) di Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat kepada limawaktu.id melaporkan kegiatan LPHD dalam upaya lestarikan, menjaga dan memberdayakan Sumber Dalam Alam (SDA) yang ada di Hutan Desa bagi kepentingan masyarakat setempat (12/11/2022).

"LPHD secara rutin laksanakan Patroli, tujuan patroli adalah pengamatan kawasan kemudian pengukuran debit air, pengamatan tentang hutan", terang  Yohanes mengawali awali keterangan kepada pers.

Dia juga menjabarkan manfaat hutan serta menerangkan tingkat  kesadaran Masyarakat terkait manfaat hutan.

"Kami juga ada Kelompok Usaha Air Kemasan yaitu LS 18, yang saat ini bekerja sama dengan BUMDes Laman Satong", lanjut Yohanes.

"Juga di sini ada lokasi Wisata selain berfungsi sebagai sarana ibadah Umat Katolik, yaitu Gua Maria", tambah Yohanes

Dia menjelaskan, usaha air kemasan mulai berjalan sekira dari tahun 2016 saat ini produknya dalam kemasan "Galon", dia berharap kedepannya dapat produksi dalam kemasan botol dan gelas.

Kepada limawaktu.id dia juga mengharapkan bantuan dari pihak lain terutama Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam upaya pengembangan usaha tersebut sekaligus juga dalam pelestarian Hutan Desa yang ada di lingkungannya. Hal itu disampaikannya saat berada di lingkungan Gua Maria Kideron

Di tempat terpisah, Tokoh Adat Masyarakat Desa Laman Satong, Timotius Perikan, yang dalam kesehariannya dipanggil Pak Demung, menyampaikan  wejangan berharga guna pelestarian Hutan kepada limawaktu.id

"Dalam membuka hutan kita memikirkan anak cucu, nanti bila hutan ini habis, bagaimana?" kata Timotius.

"Setiap saat keperluan adat kita membutuhkan yang disediakan oleh hutan,  karena secara adat ada benda benda dari hutan digunakan untuk keperluan adat. Kalau hutan habis, bagaimana kita melakukan atau membawa adat?," tanya  Timotius.

Timotius dalam perbincangan mencerminkan sikap kekeluargaan yang hangat sampaikan kisah hidupnya terkait Hutan Desa, dia juga mengajak semua pihak untuk turut serta menjaga dan lestarikan Hutan Desa demi kepentingan bersama di masa depan.

Baca Lainnya