Rabu, 29 November 2017 21:23

Longsor Bantaran Tebing Sungai Akibatkan Rusaknya Penyangga Jembatan Cigereuh

PUPR Provinsi Jawa Barat lakukan pengecekan kerusakan jembatan Cigereuh.
PUPR Provinsi Jawa Barat lakukan pengecekan kerusakan jembatan Cigereuh. [Limawaktu]

Limawaktu.id,– Akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya longsor bantaran tebing sungai cigereuh yang berfungsi sebagai penyangga jembatan Cigereuh dan penyangga pipa air PDAM Propinsi, Rabu (29/11/2017). Lokasi Jembatan Cigereuh itu sendiri berada di Kampung Cigereuh, RT 04/RW 04, Desa Cipinang, Kecamatan Cimaung, Kabupaten bandung.

Mendengar informasi tersebut sejumlah personil polsek yang dipimpin oleh Kapolsek Cimaung pun terlihat mengecek kondisi jembatan tersebut.

Baca Juga : Kabupaten Bandung Urutan ke-4 Rawan Bencana di Indonesia

Sementara itu menurut saksi Cecep Nanang mengatakan bahwa sekitar pukul 02.00 Wib dini hari dirinya dikagetkan ketika mendengar suara gemuruh di sekitar Jembatan Cigereuh. Dan ketika dilihat ke sumber suara ternyata sudah terjadi longsor di bantaran tebing sungai Cigereuh.

"Penyangga jembatan yang terbuat dari tembok beton dan penyangga pipa PDAM Provinsi telah roboh dan amblas. Setelah mengetahui kejadian itu, kami langsung meloporkan kepada Polsek Cimaung dan Desa Cipinang," kata Cecep saat ditemui dilokasi jembatan tersebut.

Baca Juga : Jawa Barat Rawan Bencana Longsor

Melihat kerusakan jembatan yang terjadi, Kapolsek Cimaung Iptu. Joko pun melakukan koordinasi dengan instansi terkait diantaranya pihak PU untuk segera memperbaiki dan melakukan tindakan sementara.

“Hal ini harus dilakukan tindakan secepatnya karena jembatan ini merupakan jalur yang menghubungkan wilayah Kecamatan Pangalengan dan Banjaran,” jelas Joko.

Baca Juga : 4 Orang Tewas Akibat Longsor di Pangandaran

Tak hanya itu, lanjut Joko, pihak PDAM agar segera melakukan perbaikan penyangga pipa saluran air karena sudah rusak dan amblas akibat dari longsor tersebut.

Selain petugas kepolisian, petugas dari PDAM Propinsi beserta Kades Cipinang, Asep Juanda, Camat Cimaung Hidayat Ramdhan dan Danramil Banjaran Kapten Inf. Bambang S pun hadir untuk meninjau kerusakan yang terjadi. (lie)

Baca Lainnya