Selasa, 5 Desember 2023 9:59

Logistik Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di Gudang KPU Kota Cimahi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Kota Cimahi - Surat Suara untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) sudah diterima KPU Kota Cimahi di Gudang Bulog, yang disewa KPU Kota Cimahi sebaga Gudang KPU.

Pengangkutan surat suara dari percetakan yang berlokasi di Rancaekek Kabupaten Bandung tersebut sempat terkendala karena gangguan cuaca. Hujan yang mengguyur kemarin mengakibatkan terjadinya kelambatan pengiriman surat suara dari percetakan ke Gudang KPU yang berlokasi di Gudang Bulog, Jalan Mahar Martanegara Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.

“Alhamdulillah meski ada gangguan hujan pengiriman logistic surat suara tiba dengan aman di gudang KPU Kota Cimahi,” terang Ketua KPU Kota Cimahi Anzar Ishal, Senin (4/12/2023).

Dia menyebutkan, jumlah Surat suara yang diterima KPU Kota Cimah tersebut adalah untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), Surat Suara DPD,  dan Surat Suara DPRD Kota.

Adapun Rincian untuk logistic surat suara tersebut adalah untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden berjumlah 426.761, DPR RI berjumlah  425.761, DPD RI berjumlah  425.761, Surat Suara untuk DPRD Provinsi berjumlah 425.761.

“Sementara untuk DPRD Kota masing-masing untuk Dapil 1 berjumlah 71.748, Dapil 2 berjumlah 56.883, Dapil 3 berjumlah 96.538, Dapil 4 berjumlah 84.629, Dapil 5 berjumlah 62.934, serta Dapil 6 berjumlah 58.930 kertas suara,” sebutnya.

Anzar menjelaskan, untuk menjaga logistik yang tersimpan di gudang KPU tersebut, pihaknya menurunkan petugas khusus untuk menjaga Logistik Pemilu tersebut selama 24 jam serta memasang CCTV dibeberapa titik yang ada di gudang KPU tersebut.

Sementara Wakil Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Cimahi  Ahmad Hidayat mengatakan, sesuai dengan pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kota Cimahi, jumlah surat suara yang diterima oleh KPU Kota Cimahi sudah sesuai dengan jumlah kebutuhan.

“Selanjutnya akan dilakukan pengecekan ulang dan memastikan jika surat suara yang diturunkan di gudang KPU sudah sesuai dengan kebutuhan saat pelaksanaan Pemilu 2024, yang nantinya dilanjutkan dengan pengecekan kembali, pengepakan hingga pengiriman logistik Pemilu ke semua TPS yang akan dilakukan pada 13 Februari 2024,” pungkasnya.  

 

Baca Lainnya