Selasa, 12 Maret 2019 14:32

Listrik Padam dalam Beberapa Hari Terakhir, ini Penjelasan PLN

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi.
ilustrasi. [net]

Limawaktu.id - pemadaman listrik di sejumlah wilayah Kota Cimahi sempat terjadi beberapa hari terakhi ini. Bahkan, ada terhitung ada tiga kali yang durasinya mencapai dua jam lebih.

Manajer Bagian Jaringan Unit Pelayanan Pelaksana Pelanggan (UP3) PLN Cimahi, Arrafat Alfarizi menjelaskan, pemadaman listrik dalam beberapa hari terakhir itu dikarenakan adanya gangguan pada Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM).

Baca Juga : Pemadaman Listrik Tentatif Kerap Terjadi di Cimahi, ini Alasannya

"Ada 3 (tiga) kali gangguan SKTM dalam beberapa hari," ujarnya saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (12/3/2019).

Arrafat menjelaskan, gangguan SKTM itu disebabkan oleh tiga faktor. Dua kali itu dikarenakan gangguan kabel dalam tanah. Dugaan sementara, akibat adanya kerusakan pada jointing (sambungan) kabel tanah tegangan menengah. 

Baca Juga : Maaf!Pemadaman Listik Cimahi-KBB Terus Berlanjut, ini Sebabnya

"Satunya lagi ada informasi gangguan dari salah satu pelanggan sampai kena ke kita," jelasnya.

Tindaklanjuti dari kerusakan itu, lanjut Arrafat, pihaknya langsung melakukan pengusutan gangguan SKTM untuk mencari arag gangguan, kemudian, melokalisir gangguan yang bertujuan untuk mengurangi daerah pemadaman.

Sistem yang digunakan adalah dengan cara manuver penyulang. Sistem itu biasa digunakan PLN dalam perpindahan masuk dan keluarnya tegangan listrik. "Kita sistemnya manufer penyulang, jadi gangguan itu bisa dilokalisir gak terlalu lama. Ketika titik terganggu, kita manuver penyulangnya biar gak terlalu banyak yang padam di satu titik itu," jelas Arrafat.

Baca Lainnya