Jumat, 26 Februari 2021 11:31

Lima Kabupaten di Jabar jadi Prioritas Penerima Bantuan Rutilahu

Reporter : Bubun Munawar
Sosialisasi Bansos Rutilahu di Gedung Cimahi Technopark, Jum'at (26/2/2021).
Sosialisasi Bansos Rutilahu di Gedung Cimahi Technopark, Jum'at (26/2/2021). [limawaktu.id]

Limawaktu.id, - Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Karawang  dan Kabupaten Tasikmalaya merupakan lima kabupaten/kota prioritas yang bakal mendapatkan batuan program rumah tidak layak huni atau rutilahu.

Pada tahun ini Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Perumahan dan Permukiman akan menggelontorkan bantuan sosial yang bersumber dari APBD Jawa Barat dengan jumlah 31.500 unit rutilahu di 27 kabupaten/kota se Jawa Barat.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat Boy Iman Nugraha melalui Kabid Perumahan M Eko mengungkapkan, kelima daerah tersebut merupakan prioritas dari 22 kabupetan kota lainnya di Jawa Barat, berdasarkan pada kondisi wilayah yang perlu dibantu, dari usulan yang masuk serta dari data yang dimiliki Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat.  

“ Kriteria lainnya atas dasar kinerja tahun sebelumnya,” terang Eko, disela Sosialisasi Program Bantuan Rutilahu bagi LPM, BKM, LKM dan Tim Teknis I 27 Kabupaten Kota se Jawa Barat, di Gedung Cimahi Technopark, Jalan Baros, Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, Jum’at (26/02/2021).

 Program bantuan 31.500 rutilahu ini merupakan bansos yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat, diluar program Bantuan Stimulan Peumahan Swadaya (BSPS)  dan APBN, dari Kementerian PUPR.    

 “Ini diluar program BSPS dan APBN , kalau BSPS untuk tahun ini  kami  belum pegang datanya , biasanya BSPS jumlahnya  variatif tapi sampai saat ini  datanya belum keluar,” jelas Eko.

 Sosilaisasi dilakukan agar LPM, BKM DN LKM di Jawa Barat lebih faham tentang prosedur dan mekanisme serta apa yang harus dilakukan dalam mendapatkan program rutilahu di Jawa Barat, serta menyampaikan secara langsung kepada penerima manfaat.

 Ketua BKM Kelurahan Cimahi Kecamatan Cimahi Tengah Dedi Rustandi mengapresiasi pogram  yang digulirkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat  dalam bentuk bansos Rutilahu ini, karena sangat membantu masyarakat kurang mampu untuk membangun rumah yang lebih layak.

 “Terimaksih dan apresiasi kami kepada Pemprov Jabar atas program rutilahu ini,” jelasnya.

 

Baca Lainnya

Topik Populer