Jumat, 12 Oktober 2018 13:16

Lilin Maut di Cimahi, Begini Imbauan PLN Area Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Petugas Tengah Mengevakuasi Korban Kebakaran Di Kp. Babut Tengah, RT 02/18, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Kamis (11/10/2018).
Petugas Tengah Mengevakuasi Korban Kebakaran Di Kp. Babut Tengah, RT 02/18, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Kamis (11/10/2018). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Insiden Kebakaran yang terjadi di Kampung Babut Tengah, RT 02/18 Kelurahan Cibabat, Kota Cimahi, Kamis (11/10/2018) tadi malam menyita perhatian publik.

Dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 21.30 WIB itu, Nurhayati (35) beserta dua putrinya Alma (11) dan Hana (2) tewas terbakar. Percikan api diduga kuat berasal dari penerangan lilin yang dinyalakan ketika ada pemadaman listrik.

Baca Juga : Selain Tewaskan Pegawai, Kebakaran Toko Emas di Cimahi juga Catatkan Kerugian Fantastis

Warga dan pengguna media sosial menyalahkan Perusahaan Listrik Negara (PLN) lantaran pemadaman yang dilakukan menyebabkan kebakaran yang menimbulkan korban jiwa. 

Supervisor Teknik PLN Area Cimahi, Ari Bhayangkara, mengungkapkan jika pemadaman yang terjadi malam tadi bukan karena pemeliharaan atau gangguan lokal, melainkan disebabkan oleh interkoneksi dari pembangkit Cilacap, Muara Tawar, Paiton, dan Indramayu.

Baca Juga : Kebakaran di Belakang Kantor Wali Kota Cimahi Tewaskan Ibu Beserta Dua Putrinya

"Betul tadi malam ada pemadaman, karena sempat melepaskan beban di Penjulang Cimahi dari pukul 19.00 sampai 22.00. pemadaman karena interkoneksi dengan pembangkit Cilacap dan Paiton, jadi dampaknya Jawa Bali. Kami defisit sekitar 22 MW," ungkap Ari saat ditemui di Kantor PLN Kota Cimahi, Jumat (12/10).

Pemadaman semalam bersifat kondisional dan tak bisa diprediksi. Jika tidak dilakukan pemadaman, maka area Cimahi bisa padam total.

Baca Juga : Lilin Maut Perenggut Ibu Beserta Dua Putrinya

"Secara sistem memang kami juga merasa berat dengan adanya pemadaman seperti ini, tapi memang sudah ketentuannya seperti itu," tuturnya.

Terkait penggunaan lilin saat terjadi pemadaman listrik, dirinya meminta agar warga lebih berhati-hati dalam menempatkan lilin. Simpanlah di tempat yang jauh dari barang mudah terbakar.
Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat meminimalisir penggunaan lilin dan beralih menggunakan emergency lamp.

"Memang sudah seharusnya menggunakan emergency lamp. Tapi kalaupun menggunakan lilin, masyarakat mesti memperhatikan faktor keamanan, seperti simpan lilin jauh dari barang mudah terbakar, kalau tidur lebih baik dimatikan," tandasnya. 

Baca Lainnya