Selasa, 6 Desember 2022 12:03

Liga 1 Dilanjutkan, Proses Hukum Tragedi Kanjuruhan Tetap Berjalan

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Menkopolhukam Mahfud MD
Menkopolhukam Mahfud MD [Istimewa]

Limawaktu.id, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD memasttikan, Kompetisi Sepakbola Liga 1 Dilanjutkan, namun proses hokum atas tragedi  Kanjuruhan tetap dilanjutkan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Liga 1 kembali dilanjutkan untuk merampungkan musim kompetisi yang sedang berjalan,” kata Mahfud, Selasa (6/12/20220.

Namun meski Liga 1 tetap dilanjutkan, pihkanya mensyaratkan pelaksanaan kompetisi Liga 1 PSSI tersebut akan berlangsung tanpa penonton, hingga akhir musim kompetisi 2022/2023.

Dia melanjutkan, reformasi persepakbolaan nasional khususnya PSSI sesuai dengan kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat baik dengan FIFA, maupun dengan PSSI akan terus berlanjut.

Adapun follow up dari temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta hampir semuanya sudah berjalan.

“Proses hukum tragedi Kanjuruhan akan tetap berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” lanjut dia.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan suporter untuk sementara belum bisa memberikan dukungan langsung di stadion saat tim kesayangannya berlaga.

Bergulirnya kembali Liga 1 dibuka dengan laga antara Madura United melawan PSIS Semarang di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin (5/12) yang berakhir dengan kemenangan PSIS dengan skor akhir 3-0.

"Pertandingan lanjutan putaran pertama Liga untuk sementara belum menghadirkan suporter. Ke depan akan bergulir liga seperti dalam keadaan normal kembali tentunya dari tahap ke tahap," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Solo, Jawa Tengah, dikutip Antara.

Dia menyebutkan, kompetisi Liga 1 Indonesia menggunakan sistem bubble yang dipusatkan di beberapa stadion di Jawa Tengah dan Yogjakarta. Laga bisa bergulir setelah mendapatkan persetujuan dari pemerintah dan pihak kepolisian.

"Kami masih dalam keadaan duka. Tragedi Kanjuruhan betul-betul memberikan pelajaran yang sangat mahal bagi kami sehingga kami bersama-sama bisa membangun sepak bola Indonesia dengan dibantu stakeholder yang ada," kata Iriawan.

Sementara itu, empat stadion ditunjuk sebagai lokasi pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia 2022/2023 adalah Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer