Senin, 25 Juni 2018 14:49

Lewat Apel, 987 Personel Polri Digeser ke Arena Pilkada 2018 di Cimahi dan Bandung Barat

Reporter : Fery Bangkit 
Apel Polri yang berlangsung di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Senin (25/6/2018).
Apel Polri yang berlangsung di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Senin (25/6/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Lewat 'Pergeseran Pasukan Ops Mantap Praja Lodaya 2018', sebanyak 987 Personel Polri dilepas untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Apel berlangsung di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Senin (25/6/2018). Apel dihadiri Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, perwakilan unsur TNI serta unsur Pemkot Cimahi dan Pemkab Bandung Barat.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, kegiatan dilakukan memastikan kesiapan personil maupun perangkat operasional lainnya untuk memastikan pengamanan Pilkada serentak berlangsung aman di wilayah Polres Cimahi.

"Apel kesiagaan sekaligus pergeseran pasukan dalam rangka mengecek kesiapan personil maupun sarana prasarana dan pengamanan yang akan dilakukan personil di masing-masing TPS," ujar Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara di lokasi.

Jumlah pasukan yang terlibat dalam pengamanan Pilkada Serentak 2018 mencapai 987 orang. Mereka akan mengamankan sekitar 5.000 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di wilayah Kota Cimahi-Kab. Bandung Barat-Kec. Margaasih Kab. Bandung yang masuk wilayah hukum Polres Cimahi.

Personel Polres Cimahi juga akan mendapat sokongan pasukan dari Polda Jawa Barat setingkat 1 SSK serta Juga ada bantuan BKO dari Polda Jabar personil setingkat 1 SSK ditambah bantuan unsur TNI 1 SSK.

"Kami arahkan jajaran, kenali wilayah pengamanan, koordinasi dengan warga pemerintaha  setempat, proaktif kalau ada kemunculan hal yang mencurigakan serta disampaikan berjenjang kepada instansi terkait," imbuhnya.

Pihaknya siap mengamankan tahapan Pilkada Serentak 2018 mulai dari distribusi logistik, pemungutan suara, penghitungan suara, hingga penetapan pemenang.

"Dalam masa tenang juga kami turun bantu lakukan pengamanan meski tupoksi penertiban Alat peraga kampanye (APK) ada di Panwas dibantu Satpol PP pemerintahan setempat," ungkapnya.

Sejauh ini, pihaknya belum menemukan adanya dugaan pelanggaran pidana pada Pilgub Jabar maupun Pilbup Bandung Barat. Sebagai antisipasi, pihaknya tetap melakukan upaya pereventif dan preemtif.

"Kami terbuka menerima masukan dan laporan masyarakat. Serta terus berkoordinasi dengan instansi terkait yang berwenang karena pilkada harus kerja bersama," katanya.

Pihaknya mempersilahkan masyarakat menggunakan hak pilih dan menjamin keamanan pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilbup Bandung Barat di wilayah Polres Cimahi.

"Demi suksesnya pilkada aman dan damai," jelasnya.

Baca Lainnya