Selasa, 29 Januari 2019 16:18

Lepas Jabatan Kadisdik, Elih Kembali Jadi Dosen

Elih Sudiapermana resmi meninggalkan jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung.
Elih Sudiapermana resmi meninggalkan jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung. [net]

Limawaktu.id - Elih Sudiapermana resmi menanggalkan jabatannya sebagai Kepala Dinas pendidikan Kota Bandung per 28 Januari 2019. Elih akan kembali ke institusi yang membesarkan namanya, yakni Universitas Pendidikan Indonesia, dan menjadi dosen pendidikan luar biasa. 

Elih pun menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Bandung yang telah memberikan kepercayaan dan kepada UPI sebagai institusi asalnya. Selama lima tahun terakhir ini, ia berupaya keras melakukan hal terbaik walaupun tidak mudah dan banyak tantangan yang telah diperjuangkan. 

Baca Juga : Kota Bandung Masih Kekurangan ASN

“Sesuai norma yang ada, JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) setelah lima tahun memang harus dievaluasi. Tentu saya juga harus mempertimbangkan secara pribadi karir sebagai dosen," tutur Elih, di Kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung, Selasa (29/1). 

Dirinya bersyukur di usianya yang ke-57 menjabat Lektor Kepala sehingga batas pensiunnya adalah 65 tahun. Namun demikian, Elih tak menampik ingin mencapai puncak karir dunia akademik sebagai guru besar, yang tentu butuh persiapan dan waktu. 

Baca Juga : Evaluasi Kinerja instansi, Cegah Pemborosan Anggaran

Sebagai orang yang berdedikasi pada dunia pendidikan, Elih percaya lepasnya jabatan sebagai Kadisdik hanyalah soal kedinasan. Pasalnya, dirinya yang ber-KTP Bandung tentu akan tetap berkontribusi dalam bentuk lain. Sebagai dosen bisa melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat sebagaimana Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

“Mudah-mudahan dengan masa berhenti saya ini tidak ada persepsi buruk baik bagi Pemkot Bandung maupun bagi diri saya pribadi. Apapun yang sudah dikerjakan itulah yang memang bisa dikerjakan," tukas Elih.

Baca Juga : Kadisdik Kota Bandung Dikembalikan ke UPI, Ini Alasannya

"Baik buruknya secara normatif bergantung pada hasil pemeriksaan pekerjaan. Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada pekerjaan yang jadi persoalan besar. Mudah-mudahan setelah ini dunia pendidikan akan menjadi lebih baik lagi,” sambungnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial menjelaskan, untuk sementara waktu tampuk kepemimpinan Disdik Kota Bandung akan dipegang oleh pelaksana tugas (plt), yakni Hikmat Ginanjar. Saat ini Hikmat menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung. 

“Sekarang (Elih) sudah resmi kembali ke UPI. Mang Oded sudah undang dan bertemu. Adapun Plt langsung oleh Pak Hikmat,” terang Oded.

Disinggung mengenai siapa yang bakal menduduki jabatan yang ditinggalkan Elih secara permanen, Oded belum dapat memastikannya.  

“Lima (jabatan) open bidding, tapi masih dinamis. Nanti saja kalau sudah disampaikan ke Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) dan mendapatkan jawaban. Khawatir berubah,” aku Oded. (*)

Baca Lainnya