Kamis, 23 Januari 2020 18:25

Lembang Diprediksi Padat Saat Libur Imlek, Ini Skema yang Disiapkan Polisi untuk Mengurai Kemacetan

Situasi Arus Lalu-lintas Kawasan Lembang KBB
Situasi Arus Lalu-lintas Kawasan Lembang KBB [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diperkirakan masih akan menjadi destinasi favorit pengunjung untuk menghabiskan liburan Tahun Baru Imlek yang akan jatuh pada 25 Januari mendatang.

Kondisi itu dipastikan akan berpengaruh terhadap arus lalu lintas yang akan mengalami peningkatan. Untuk mencegah kemacetan parah di kawasan Lembang, Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi akan menyiapkan rekayasa jalur seperti biasa saat musim libur yang disesuaikan dengan kondisi nanti di lapangan.

"Terkait Cara Bertindak (CB) saat terjadi kemacetan di Lembang, kami akan lakukan ujicoba dulu, lalu dievaluasi efektifitas penguraian kemacetannya," terang Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah, Kamis (23/1/2019).

KBO Sat Lantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran Polrestabes Bandung untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Dia menjelaskan, jika ekor kendaraan ke arah Lembang sudah sampai di Jalan Setiabudi, pihaknya akan memberlakukan one way dengan menarik semua kendaraan menuju arah Lembang.

"Sedangkan di Jalan Grand Hotel, kendaraan akan dipenggal karena kita mendahulukan kendaraan yang dari arah Bandung (Setiabudi)," katanya.

Namun, apabila kendaraan dari Setiabudi menuju Lembang sudah tidak bisa bergerak, maka pihaknya akan mengalihkan arus ke Jalan Sersan Bajuri.

"Begitu pun kalau arah dari Lembang menuju Setiabudi padat, nanti kendaraan akan dibelokkan ke Jalan Kolonel Masturi. Jadi cb yang kita laksanakan tidak berbeda dengan yang biasa diterapkan Satlantas Polres Cimahi dalam setiap hari libur," ungkapnya.

Dia menerangkan, peningkatan arus kendaraan biasanya terjadi pada pagi hari. Terkait simpul kepadatan kendaraan diperkirakan terjadi di sekitar objek wisata Farm House dan The Great Asia Africa.

"Menjelang siang, arus lalu lintas akan kembali normal, karena kebanyakan wisatawan sudah turun ke arah Kota Bandung," jelasnya.

Diakuinya, pada setiap momen libur, kawasan Lembang selalu dipadati masyarakat yang berkunjung ke sejumlah objek wisata. Bahkan, Lembang sudah menjadi salah satu atensi karena seringnya kemacetan saat musim libur. 

Baca Lainnya