Kamis, 22 Maret 2018 14:50

Layanan Mobil Biru BNNK Cimahi Sepi Pengunjung

Reporter : Fery Bangkit 
Layanan konsultasi Bincang Seputar Narkoba Yuk (Mobil Biru) BNNK Cimahi.
Layanan konsultasi Bincang Seputar Narkoba Yuk (Mobil Biru) BNNK Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Layanan konsultasi Bincang Seputar Narkoba Yuk (Mobil Biru) ala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) CImahi pada Kamis (22/3/2018) Sepi Pengunjung.

Pelaksanaan program 'Mobil Biru' berlangsung di area Alun-alun Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita terpantau masih sepi dari kunjungan masyarakat. Kondisi tersebut diakui Kepala Seksi BNNK Cimahi, Samsul Anwar.

Berdasarkan pantauan di lokasi BNNK Cimahi, petugas menyiapkan meja konsultasi, termasuk membagikan pamflet soal bahaya narkoba kepada masyarakat. Kegiatan bakal berlangsung satu kali dalam sepekan dengan lokasi yang banyak dikunjungi masyarakat.

"Kami ajak masyarakat untuk berkunjung ke Mobil Biru, kebanyakan menolak. Pamflet yang dibagikan diterima tapi entah dibaca atau langsung dibuang. Seperti ada rasa takut, bisa jadi kurang pemahaman soal fungsi dan peran BNN," ujarnya.

Menurut Samsul, pihaknya tidak mempermasalahkan hal itu dan justru menambah semangat untuk terus melakukan sosialisasi bahaya narkoba.

"Ini uji coba sebagai salah satu upaya pencegahan. Layanan tidak harus disediakan di kantor, tapi bisa dimana saja," ungkapnya.

Menurut Samsul, upaya sosialisasi bahaya narkoba kepada masyarakat Kota Cimahi perlu ditingkatkan mengingat tingginya kasus pada tahun 2017.

"Penggunaan narkoba sudah merambah ke berbagai segmen masyarakat. Penggunaan ganja sudah muncul kembali, sabu masih terus kencang, obat-obatan terlarang tiap tahun parah. Ditambah kemunculan narkoba sintetis yang kini banyak digemari seperti ganja gorila," katanya.

Hal tersebut cukup mengkhawatirkan karena ganja sintetis mengandung zat kimia yang tentu lebih membahayakan kesehatan.

"Tim Pemberantasan baru saja menemukan kasus pemakaian ganja gorila di kost-kostan, dan usianya dibawah umur," tandasnya.

Baca Lainnya