Kamis, 16 Januari 2020 10:37

Lapak Kios PKL di PAB Hening, Pedagangnya pada Jualan Dimana?

200 kios berukuran 2x2 untuk ditempati para PKL terlihat sepi belum ada yang menempati
200 kios berukuran 2x2 untuk ditempati para PKL terlihat sepi belum ada yang menempati [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Sepinya konsumen membuat Pedagang Kaki Lima (PKL) eks pusat Kota Cimahi berpikir ulang untuk berjualan di kios yang sudah disediakan di Pasar Atas Baru (PAB).

Padahal, Pemkot Cimahi sudah menyediakan 200 kios berukuran 2x2 untuk ditempati para PKL yang direlokasi dari kawasan Alun-alun Cimahi, Jalan Pabrik Aci, Jalan Ria hingga Jalan Djulaeha Karmita.

kios berukuran 2x2 untuk ditempati para PKL

Berdasarkan pantauan, Selasa (13/1/2020), kios di lantai 2 PAB yang khusus untuk menampung eks PKL sekitar alun-alun Cimahi terlihat hanya ada dua kios yang buka, yakni penjual rokok dan penjual kopi seduh, sementara kios lainnya terlihat kosong, tak berpenghuni.

Doni (35), pedagang topi mengaku, usai di relokasi ia sempat berjualan di PAB selama beberapa hari. Namun tidak ada satu pun barang dagangannya yang laku terjual.

"Setelah pindah kesini saya sempet jualan selama seminggu. Eh ngga ada satu pun topi yang laku. Jangankan laku, yang datang kesini aja ngga ada," kata Doni yang sebelumnya berjualan di Jalan Ria.

Ia kemudian mencoba peruntungan dengan berjualan lesehan di lantai 1, tempat dimana para pedagang lama PAB berjualan.

"Saya coba jualan ngampar selama 3 hari, hari pertama ngga laku, hari kedua laku 2 topi, kemarin hari minggu laku 4. Sementara nafkah buat keluarga Rp 100 ribu per hari, mana cukup. Kalau disana (Jalan Ria) sehari bisa laku lebih dari 10 topi," ungkapnya.

Johan (45), pedagang lainnya menyarankan agar Pemkot Cimahi membatalkan pengundian kios yang sudah dilakukan sebelumnya. Untuk menarik pengunjung yang datang ke lantai 2 PAB, ia juga menyarankan agar disediakan tempat permainan untuk anak-anak.

"Ada permainan buat anak, cara mancing pembeli buat ke atas. Sebenarnya untuk kios ngga ada masalah sih, hanya saja kios depan masih kosong jadi ngga keliatan ada aktivitas. Padahal di dalam ada yang jualan," tuturnya

Kepala UPTD Pasar Kota Cimahi, Deddy Gunadi mengatakan, terkait undian kios diakuinya jika hal  itu merupakan kesepakatan para pedagang, kordinator PKL yang disaksikan Satpol PP dan pihak UPTD Pasar.

"Sementara kalau untuk promosi itu sudah direncanakan oleh Pemkot dengan beberapa dinas terkait, misalnya disparbud. Tapi kan PKL-nya harus jualan/buka dulu," tuturnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer