Kamis, 27 Juni 2019 14:21

Lanjutkan Revitalisasi, Disdagkoperind Anggarkan Rp 2 Miliar Tahun ini

Reporter : Fery Bangkit 
Pasar Atas Baru (PAB).
Pasar Atas Baru (PAB). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi menyiapkan anggaran Rp 2 miliar untuk melanjutkan revitalisasi Pasar Atas Baru (PAB).

Pasar yang dibangun dan direvitalisasi akhir tahun 2016 itu saat ini memang sudah selesai dan ditempati para pedagang. Total ada 507 kios yang ditempati para pedagang, yang mayoritas sisa kebakaran beberapa tahun lalu.

Baca Juga : Sudah Direvitalisasi, Pasar Atas Cimahi Malah Sepi Pembeli

Kepala Bidang Perdagangan pada Disdagkoperind Kota Cimahi, Teja Dahliawati mengakui, anggaran yang disediakan tahun ini sebanyak Rp 2 miliar tidak akan cukup untuk menyempurnakan fasilitas PAB.

"Hanya Rp 2 miliar. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa tambah lagi," ujar Teja saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kamis (27/6/2019).

Dikatakan Teja, duit yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi itu akan digunakan untuk menambah daya listrik. Penambahan daya listrik dibutuhkan agar eskalator bisa berfungsi semua.

"Itu dialokaisnya salah satunya yang terbesar untuk penambahan daya hampir mencapai Rp 1,2 miliar. Makannya kenapa eskalator hanya satu sisi yang jalan, itu dikarenakan daya lsitik belum sanggup mengangkat agar dua-duanya," jelas Teja.

Selain menambah daya listrik, lanjut Teja, sisa anggaran itu akan digunakan untuk membangun labolatorium mini, ruang laktasi, pos keamanan, pemagaran dan pemasangan megatron berukuran 3x4.

"Kita juga akan membuat tangga supaya arah dari terminal aksesnya bisa langsung ke pasar," ujarnya.

Ditahun berikutnya, ungkap Teja, pihaknya bakal menganggarkan lagi untuk menyempurkan fasilitas PAB. Termasuk mengakomodir keluhan-keluhan pedagang, yang memang tidak bisa sekaligus ditindaklanjuti secara fisik.

"Keluhan pedagang juga sebenarnya bukan mendiamkan, tapi keterbatasan. Kita gak bisa menampung semua langsung, ada kajiannya," tandasnya.

Sekedar informasi, Pasar Atas Baru sempat mengalami musibah kebakaran 2014 lalu. Akibatnya, sekitar 400 lebih pedagang harus kehilangan kiosnya. Setelah itu, Pemkot Cimahi mewacanakan pembangunan.

Pembangunan pasar atas itu baru terealisasi tahun 2016 akhir dengan anggaran Rp 23 miliar. Pembangunan terhenti sejak awal 2017 hingga akhirnya pertengahan 2018 kembali dilanjutkan, sekaligus dengan revitalisasi pasar atas lama dengan menelan anggaran hingga Rp 56 miliar.

Baca Lainnya