Selasa, 3 Juli 2018 18:22

Lanjutkan Pembangunan PAB, Ratusan Pedagang Pasar Atas Cimahi akan Direlokasi ke Sini

Reporter : Fery Bangkit 
Area Pembangunan Pasar Atas Barokah.
Area Pembangunan Pasar Atas Barokah. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sebanyak 280 pedagang Pasar Atas Cimahi akan direlokasi ke Jalan Pasar Atas Kota Cimahi. Rencana relokasi merupakan rangkaian dari proses pembangunan dan revitalisasi Pasar Atas Barokah (pab) yang terbengkalai selama satu tahun lebih.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi, Adet Chandra Purnama mengatakan, dari total 423 pedagang korban kebakaran, saat ini yang aktif berjualan hanya 350 pedagang. Sedangkan yang akan direlokasi hanya 280 pedagang.

Baca Juga : Dear Pedagang, Catat Nih Janji Ajay Soal Pembangunan PAB

"Satu pedagang hanya dapat 1 (satu) kios (relokasi). Pedagang yang dulu kebakaran di lantai dasar dan 1 (satu) harus pindah (direlokasi) menempati Jalan Pasar Atas, sebagian lokasi pasar," jelas Adet saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (3/7/2018).

Untuk merealisasikan kebutuhan relokasi, pihaknya kini tengah melakukan proses dokumen untuk dimasukan ke bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Cimahi. Pihaknya membutuhkan bahan, seperti 'bedeng' untuk kios sementara para pedagang.

Baca Juga : Mediasi Buntu, Jawaban Pihak Pemkot tak Puaskan Pedagang Pasar Atas Cimahi

Dikatakan Adet, relokasi kemungkinan akan dilakukan sebelum proses pembangunan fisik dimulai. Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan tahapan fisik. Menurut jadwal dari http://lpse.cimahikota.go.id, pendandatanganan kontrak akan dilaksanakan 13-20 Juli 2018.

Untuk memberikan pemahaman terhadap rencana relokasi tersebut, pihaknya akan melaksanakan sosialisasi terhadap pedagang. Adet pun meminta para pedagang memaklumi kondisi nanti yang akan terjadi.

Baca Juga : Tarik Ulur Perusahaan dengan Pemkot Cimahi Terkait Harga PAB

"Sebelum fisik dilaksanakan, kita akan sosialisasi lagi," ucapnya.

Selain pedagang, ada warga sekitar yang pastinya akan terganggu oleh pembangunan lanjutan PAB nanti. Terutama warga di RW 04, 05, 08, 09 dan 10 Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah.

Agar tidak kaget dengan aktifitas pembangunan nanti, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi terhadap warga sekitar, tokoh masyarakat, pihak RT, RW dan pemilik toko.

"Pasti akan terganggu. Tapi alhamdulillah menerima," katanya.

Selain itu, untuk akses parkir sementara bagi konsumen dan pedagang pasar atas, pihaknya mengincar Jalan Pacinan. Sementara untuk Jalan Pabrik Aci, dipastikan akan terganggu oleh hilir mudik kendaraan berat pengangkut bahan material pembangunan PAB.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan, kecamatan, Satpol PP dan Damkar serta Dinas Perhubungan Kota Cimahi.

"Kita mau dorong parkir di sana (Jalan pacinan). Imbas relokasi ini pastinya akan terganggu warga sekitar," kata Adet.

Baca Lainnya