Kamis, 7 Juni 2018 17:29

Lanjutan Flyover Padasuka Terhenti 21 Hari, ini Penyebabnya

Reporter : Fery Bangkit 
Lanjutan Flyover Padasuka Terhenti 21 Hari.
Lanjutan Flyover Padasuka Terhenti 21 Hari. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Pembangunan lanjutan FlyOver Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi dipastikan Terhenti untuk selama 21 Hari ke depan.

Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengeluarkan surat edaran bahwa dari tanggal 5-26 Juni dilarang ada aktifitas disepanjang rel kereta api.

Hal tersebut berhubungan dengan peningkatan aktifitas di jalur kereta api jelang lebaran 2018. Sementara, posisi flyover Padasuka sendiri terletak tepat di atas lintasan rel di sekitar Kelurahan Padasuka.

"Mulai 5-6 ada jadwal, tidak boleh ada kegiatan di sepanjang rel kereta. Semua dihentikan pembangunan (flyover Padasuka)," terang Achmad Nuryana, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi saat ditemui di kantornya, Jln. Demang Hardjakusumah, Kamis (7/6/2018).

Sesuai kontrak, pembangungan lanjutan flyover Padasuka sudah dimulai sejak 24 April 2018, dengan estimasi masa kerja selama 90 hari atau berakhir pada Juli 2018. Nilai kontraknya, anggaran yanga akn digunakan untuk pembangunan flyover dengan panjang 57x9 meter itu mencapai Rp2.462.422.000.

Dikatakan Achmad, pembatasan aktifitas pembangunan dari PT KAI memang akan mengurangi waktu durasi kontrak. Pasalnya, meski pembangunan terhenti, namun aktifitas jadwal kontrak tetap berjalan.

Untuk itu, setelah masa surat dari PT KAI habis, pihaknya akan langsung meminta kontraktor untuk menyelesaikan sisa pekerjaannya. "Kemungkinan kalau tidak selesai (sesuai kontrak) kita perpanjang dengan alasan surat," kata Achmad.

Dikatakan Achmad, sebelum kegiatan terhenti pada tanggal 5 Juni 2018 lalu, pengerjaan di lapangan sudah melakukan pemasangan girder, pengecoran lantai sepanjang 10 meter untuk sisi kiri dan kanan.

"Tinggal diafragma di beberapa segmen, seperti ujung dan tenga sebagai pengikat girder agar tidak goyang," ujarnya.

Meski proses di flyover Padasuka dihentikan sementara, lanjut Achmad, kontraktor tetap melanjutkan pekerjaannya. Namun, pekerjaan dilakukan bersifat pabrikasi.

"Misalnya penyiapan pembesian untuk PJU (penerangan jalan umum), relling," ucapnya.

Baca Lainnya