Selasa, 2 Mei 2023 21:00

Lancar, Evaluasi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Penulis : Iman Nurdin
Kadishub Jabar, A Koswara  mengatakan atus mudik dan balik pada libur lebaran 2023 berjalan lancar, pada Jabar Punya Informasi (2/5/2023)
Kadishub Jabar, A Koswara mengatakan atus mudik dan balik pada libur lebaran 2023 berjalan lancar, pada Jabar Punya Informasi (2/5/2023) [ilustrasi]

Bandung, Limawaktu.id,- Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jabar, A Koswara mengatakan arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Jabar sangat lancar dan nyaman. Terlebih lagi arus mudik dan balik di jalur Jabar utara.

"Dari hasil evaluasi, arus mudik dan balik di Jawa Barat pada libur lebaran 2023 lancar dan nyaman, terutama di kawasan jalur utara," kata Koswara dalam Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Selasa (2/5/2023).

Meski demikian, lanjut Koswara, di jalur selatan, yakni di Tasikmalaya dan Garut masih terjadi kemacetan di beberapa titik, seperti di jalur Gentong akibat pasar tumpah di jalur Limbangan-Malangbong-Kadungora.

"Ini peran serta masyarakat yang menaati lalu lintassangat penting agar pemberlakuan rekayasa lalu lintas berjalan baik," tegas Koswara.

Dia mengatakan, jalur selatan perlu koordinasi dengan Pemda setempat guna pengaturan pasar tumpah saat arus mudik berlangsung. Misalnya dengan membuat jembatan penyebrangan orang (JPO) di antara jalur Limbangan-Malangbong.

"Ke depan akan lebih baik jika dibuatkan juga JPO. Tapi jika Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) sudah ada akan berbeda kondisinya,” kata Koswara.

Pergerakan pemudik lokal, kata dia, juga relatif tinggi, yakni sekitar 43 juta orang. Dan kebanyakan pemudik lokal atau wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata selama libur idulfitri.

“Pergerakan lokal itu di antaranya ke wilayah Pangandaran, Puncak, dan Lembang. Kemacetan panjang sempat terjadi di Puncak, Bogor demikian juga di Pangandaran dan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Namun kemacetan itu cepat teratasi karena petugas melakukan rekayasa lalu lintas,” kata dia.

Adapun penggunaan Tol Cisumdawu, menurut dia sukses memperlancar arus mudik dari wilayah Bandung menuju ke Cipali serta jalur fungsional Tol Bocimi. Namun Tol Japek 2 dari Sadang-Karawang tidak digunakan karena di jalur utama yang disiapkan tidak terjadi kemacetan.

Baca Lainnya