Senin, 6 November 2017 3:31

Lampu PJU Kurang, Aksi Kriminalitas di Kolmas Cimahi Marak

Reporter : Fery Bangkit 
Lampu Penerangan Jalan dibutuhkan warga untuk mengurangi angka kriminalitas
Lampu Penerangan Jalan dibutuhkan warga untuk mengurangi angka kriminalitas [ilustrasi]

Limawaktu.id, - Minimnya penerangan disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kriminalitas di Jalan Kolonel Masturi, Cimahi.

Kasus terbaru, uang sebanyak Rp 111 juta milik salah seorang guru asal Kabupaten Bandung Barat raib dirampas di Jalan Kolonel Masturi.

Dengan kondisi seperti ini, baik warga sekitar maupun yang kebetulan lewat merasa khawatir jika melintas di sepanjang jalan tersebut.

"Kalau sudah malem, disini mah jarang orang keluar. Jalannya gelap," ujar Cucu (57) warga sekitar, Minggu (5/11/2017).

Diakuinya, kondisi gelap dikawasan jalan itu sudah sejak lama. Bahkan tak jarang ada kecelakan motor dari arah atas atau Bandung Barat yang menuju Kota Cimahi.

"Jalannya kan nurun terus, jadi banyak pengendara motor atau mobil tidak kelihatan jalannya. Warga juga kalau mau nyeberang jalan harus hati-hati. Takutnnya kesermpet atau ketabrak kendaraan yang lewat," tuturnya.

Kepala Bagian Operasi Lalu Lintas Polres Cimahi, IPTU Dudy Iskandar, mengatakan, untuk penerangan jalan baik di pusat kota maupun di perkampungan seharusnya seimbang agar, kecelakaan maupun tindak kriminalitas di jalan raya bisa terpantau.

"Penerangan jalan jelas harus diperhatikan oleh pihak terkait," katanya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang kemungkinan terjadi seperti, tidak sempatnya pengendara menghindari jalan berlubang, juga dapat menyebabkan lakalantas karena sesama pengendara berebut jalan yang terang.

Kemungkinan lainnya, lanjut dia, kecelakaan terjadi akibat jarak pandang yang terbatas. Sehingga membuat pengemudi tidak bisa melihat kondisi kendaraan lain yang secara bersamaan melintas.

"Seharusnya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk dapat menanggulangi hal tersebut. Supaya kedepannya para pengemudi kendaraan mendapatkan fasilitas di jalan raya yang baik sehingga dapat sampai di tempat tujuan dengan baik dan aman," tuturnya.

Saat ini, Penerangan Jalan Umum (pju) di kawasan Jalan Kolonel Masturi ada sebanyak 150 titik.

Kabid Angkutan dan PJU Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang, mengatakan, di tahun 2017 ini, untuk penambahan PJU di kawasan tersebut belum ada. Akan tetapi ditahun 2018 mendatang pihaknya akan mengupayakan penambahan.

"Jumlah 150 PJU itu yang masuk ke wilayah Cimahi saja. Mudah-mudahan tahun depan akan penambahan," ujarnya singkat. (kit)

Baca Lainnya