Jumat, 8 Desember 2023 20:28

Laksanakan Perintah KASAD, Kodim 1203 Ketapang Gelar Gerakan Kebersihan dan Penanaman Pohon

Reporter : Halomoan Aritonang

Limawaktu.id, Ketapang - Untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan mencegah menularnya bibit penyakit, Kodim 1203 Ketapang melaksanakan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad)  dengan melakukan gerakan kebersihan dan penanaman pohon yang berlangsung di area Pasar Melati.

Dandim 1203 Letkol (Czi)  Agus Ikwanto menyebutkan, selain melakukan pembersihan disekitar pasar,  pihaknya juga melakukan pembersihan selokan dan saluran air, yang sudah terlihat adanya penumpukan sampah dan terjadinya pendangkalan.

Menurutnya, selain melakukan gerakan kebersihan dilakukan juga penanaman pohon yang akan dilakukan secara merata di wilayah Kabupaten Ketapang.

“Kita akan lakukan penanaman pohon di wilayah Kabupaten Ketapang di area yang telah ditentukan, “ katanya.

Gerakan kebersihan ini dilaksanakan sesuai dengan perintah Kasad diseluruh wilayah Indonesia, sehingga diharapkan bisa menambah hal positif untuk mencegah terjadinya wabah penyakit.

Sementara Komandan Koramil 1203-13/MHS, Lettu M. Aris yang  turun langsung ke lapangan ikut menebas semak dan gumal di sisi Jalan Utama,  Desa Pesaguan Kanan dan Desa Pesaguan Kiri, Kecamatan Matan Hilir Selatan menggunakan mesin pemotong rumput, dan juga menanam pohon di beberapa lokasi.

Kegiatan dimulai dari pukul 08.30 waktu setempat, lokasi pelaksanaan  pembersihan sampah yang ada di sekitar Pasar Desa Pesaguan Kanan, pemotongan tanaman semak di disepanjang Jalan lintas Provinsi yang melalui Desa Pesaguan Kanan maupun Pesaguan Kiri, dan penanaman puluhan Pohon beraneka jenis di beberapa lokasi sekitaran Kecamatan Matan Hilir Selatan.

Lettu M. Aris menjelaskan, kegiatan ini adalah meaksanakan Jumat Bersih yang menjadi program dan perintah KASAD yang harus dilaksanakan oleh seluruh anggota TNI, kegiatan ini adalah untuk menjaga kebersihan, memininalisir dampak dari musim hujan yaitu banjir, selain itu juga guna cegah terjadinya wabah Demam Berdarah.

"Saya juga berharap dari kegiatan memberi dampak yang signifikan dan edukasi kepada masyarakat", jelasnya.

Staf Ahli Bidang SDM Kabupaten Ketapang Absalon mengucapkan terimakasih kepada TNI dan seluruh masyarakat yang sudah melakukan gerakan kebersihan di wilayah Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang agar lebih nyaman.

Di kegiatan tampak juga turut hadir dan turut aktip Kapolsek Matan Hilir Selatan, Ipda Meinardus Yudiansyah SH, MH beserta personilnya, Camat dan stap Kecamatan, Kepala Desa beserta jajarannya, Tokoh Masyarakat dan warga setempat.

Pantauan lapangan, tampak warga terutama para pedagang dan pembeli di pasar menunjukan rasa senang atas kegiatan tersebut serta menyampaikan rasa terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Darat tersebut. .

Baca Lainnya