Jumat, 9 November 2018 17:08

Laga Perdana di Grup B Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Diharapkan Mampu Atasi Tuan Rumah SIngapura

Reporter : Permana
AFF Suzuki Cup 2018.
AFF Suzuki Cup 2018. [istimewa]

Limawaktu.id - Malam nanti, publik sepakbola Tanah Air akan disuguhkan partai penting, Tim Nasional Indonesia yang akan dijamu Singapura di laga pembuka grup B Piala AFF 2018, berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Jum’at, 9 November 2018. Pertandingan ini akan disiarkan langsung oleh televisi nasional RCTI, mulai pukul 19.00 WIB.

Partai ini diprediksi akan berlangsung ketat, karena kedua tim sama-sama ingin mendapatkan hasil positif di laga perdana ini, sebagai modal pertandingan berikutnya. Terlebih, timnas Indonesia menjadi salah satu yang diunggulkan untuk lolos ke babak gugur dari Grup B ini.

Kedua tim akan menurunkan pemain-pemain terbaiknya. Tuan rumah Singapura, yang dinahkodai Fandi Ahmad, yang nota bene pernah malang melintang di Liga Indonesia, baik sebagai pemain maupun pelatih, tentu hapal betul karakter, baik secara individu maupun permainan timnas Indonesia.

Timnas Indonesia asuhan Bima Sakti, yang mayoritas diperkuat timnas Asian Games, akan berusaha melanjutkan trend positif yang diraih timnas Indonesia, usai melakoni laga ujicoba melawan Myanmar yang berakhir kemenangan 3-0 dan melawan Hong Kong dengan hasil imbang 1-1, beberapa waktu lalu.

Status tim unggulan harus dimanfaatkan Indonesia saat bertandang ke markas Singapura. Namun, pertandingan pertama selalu menyulitkan dan bisa membuat tim bermain penuh beban. Jika mampu bermain tanpa beban dan berhasil menemukan ritme permainan sejak babak pertama, Singapura bisa diatasi meski bermain di kandangnya. Pelatih Bima Sakti harus bisa memastikan Timnas Indonesia bisa bermain dengan tenang dan menyerang. Permainan solid antar-lini juga harus diperlihatkan tim Merah Putih.

Pada turnamen Piala AFF kali ini, Hansamu Yama dan kawan-kawan berada di grup B, bersama dengan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste. Berbeda dengan format turnamen sebelumnya, kali ini akan ada laga kandang dan tandang dengan sistem round robin.

Setelah bertandang ke Singapura, timnas Indonesia baru menjalani laga kandang, yakni pada 13 Nopember 2018, menjamu Timor Leste. Sementara untuk laga ketiga, timnas Indonesia akan kembali menjadi tamu. Kali ini mereka harus bertemu tim kuat, Thailand di Bangkok pada 17 Nopember 2018. Sedangkan pada laga terakhir timnas akan kembali menjadi tuan rumah, menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, pada 25 Nopember 2018. (hra)*

Baca Lainnya