Sabtu, 2 Desember 2023 6:08

Kurangi Angka Pengangguran, Pemkot Cimahi Gelar Job Fair 2023

Reporter : Bubun Munawar
Sekda Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menuliskan harapannya terkait dengan pelaksanaan Job Fair 2023 yang berlangsung di Cimahi Technopark, Jum'at (1/12/2023).
Sekda Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menuliskan harapannya terkait dengan pelaksanaan Job Fair 2023 yang berlangsung di Cimahi Technopark, Jum'at (1/12/2023). [Limawaktu.id]

Limawaktu.id, Kota Cimahi - Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan mengungkapkan, salah satu misi Kota Cimahi yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas kesempatan kerja. Pasalnya Permasalahan kesempatan kerja di Kota Cimahi memerlukan penanganan khusus.

“Dengan Jumlah penduduk 577.24 ribu jiwa Kota Cimahi memiliki tingkat pengangguran terbuka sebesar 10.52% di antaranya anak sekolah yang baru lulus dan pengangguran. Hal ini perlu dicarikan solusinya," ungkap Dikdik usai membuka Job Fair 2023, Jum’at (1/12/2023).

Menurutnya, banyak hambatan dalam penanganan pengangguran. Kompetensi belum penuhi kebutuhan perusahaan, terbatasnya lapangan kerja serta banyaknya perusahaan yang lock out dampak pandemi, serta kurangnya informasi pasar kerja yang bisa diakses masyarakat.

“Dengan dilaksanakannya Job Fair ini mudah-mudahan bisa mengurangi angka pengangguran di Cimahi," katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kota Cimahi Teja Dahliawati mengatakan, kegiatan Job Fair dilaksanakan sebagai wahana untuk mempertemukan perusahaan dan para pencari kerja yang ada di wilayah Kota Cimahi dan sekitarnya. Sehingga diharapkan terciptanya proses job matching antara kualifikasi jabatan dan kompetensi calon tenaga kerja yang ada.

" Dengan kegiatan masyarakat mendapatkan informasi lowongan  kerja yang terdapat di berbagai serta menjadi sarana pertemuan langsung antara pencari kerja dan pemberi kesempatan kerja, terutama dapat menjaring kesempatan kerja dan mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Cimahi," ujarnya.

Kegiatan Job Fair berlangsung pada 1 dan 2 Desember 2023, diikuti oleh 20 perusahaan yang berdomisili di wilayah Kota Cimahi, Bandung Raya dan Bekasi. Tersedia sebanyak 65 jabatan dengan kebutuhan tenaga kerja kurang lebih 934 kesempatan kerja yang tersebar dari tingkat SMA/SMK sampai perguruan tinggi.

“Job Fair juga juga memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk, mengetahui seberapa banyak lowongan kerja yang tersedia, dan merencanakan pelatihan bagi pencari kerja untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja, jelasnya.

Dia berharap,  Job Fair ini ini dapat dimanfaatkan optimal oleh masyarakat terutama pencari kerja. Sehingga lowongan kerja yang disediakan terisi dan menyerap angka pengangguran di Kota Cimahi," tuturnya.

Baca Lainnya