Senin, 14 Januari 2019 10:49

Kucurkan Rp 200 Juta, Jalan Depan Pusdik Armed Mulus Akhir Bulan ini

Reporter : Fery Bangkit 
Proses penyempurnaan pelebaran Jalan Raya Baros, depan Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed).
Proses penyempurnaan pelebaran Jalan Raya Baros, depan Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Proses penyempurnaan pelebaran Jalan Raya Baros, depan Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed) membutuhkan anggaran sekitar Rp 200 juta. Dalam waktu dekat, ditargetkan jalan itu sudah mulus.

Saat ini, proses pelebaran jalan itu baru sebatas memundurkan tembok existing milik Pusdik Armed, pembongkaran trotoar dan penebangan pohon yang berdiri di atas trotoar. 

Baca Juga : Alhamdulillah. . . . Pengajuan Hibah Lahan dari Pusdik Armed untuk Pelebaran Jalan di ACC

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah">Wilman Sugiansyah mengatakan, untuk tahap awal pihaknya akan melakukan pengerasan tanah dengan beton agar segera bisa digunakan.

"Jadi tinggal kita beton saja alas jalannya. Targetnya akhir bulan sudah selesai. Anggarannya sendiri sekitar Rp200 juta untuk pengerasan," ungkap saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (14/1/2019).

Baca Juga : Lebarkan Jalan, Sebanyak 17 Pohon di Sekitar Pusdik Armed Dikorbankan

Namun, anggaran sebesar itu bukan sebatas untuk memuluskan jalan, tapi juga termasuk pembuatan trotoar di ruas jalan serta penyediaan drainase baru sebagai run off air agar tidak banjir. "Kemungkinan akan dibuat drainasenya dulu dengan trotoar, baru mulai ke pengerasan jalan. Drainase penting, karena yang sebelumnya juga tidak berfungsi," jelas Wilman.

Jika sudah selesai, kata Wilman, lebar jalan itu dipastikan bertambah dari 4,6 meter menjadi 8,6 meter. Sementara panjangnya mencapai 200 meter. Ruas Jalan Baros yang dilebarkan nantinya diharapkan mampu menampung tiga mobil sekaligus, untuk mengurai kemacetan dari exit Tol Baros yang kerap terjadi setiap sore dan akhir pekan.

Baca Lainnya