Selasa, 6 November 2018 17:31

Kritik Pengamat Soal Kosongnya Lima Kadis Pemkot Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Ke-12 Pejabat Yang Dilantik Dan Diambil Sumpah Di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah.
Ke-12 Pejabat Yang Dilantik Dan Diambil Sumpah Di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Kekosongan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Cimahi kembali menuai kritik.

Kali ini, Pengamat Politik dan Pemerintahan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi, Arlan Sidha menilai, kekosongan itu akan menghambat jalannya roda pemerintahan, terutama yang menyangkut kebijakan-kebijakan strategis pada OPD terkait.

Baca Juga : Bocoran Rotasi Pejabat Eselon II di Pemkot Cimahi

"Saya sarankan agar Wali Kota Cimahi untuk secepat mungkin mengisi kekosongan kepala dinas tersebut, karena pekerjaan disetiap OPD tidak akan maksimal kalau tidak ada pimpinan definitif," ungkap Arlan saat ditemui di Unjani, Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Selasa (6/11/2018).

Seperti diketahui, meski sudah dilakukan rotasi terhadap sejumlah pimpinan OPD, namun tetap saja masih menyisakan lubang. Bahkan, kekosongannya bertambah.

Baca Juga : 12 Pejabat Eselon II Pemkot Cimahi Dirotasi, ini Datanya!

Sekarang ini, ada lima OPD yang belum memiliki pimpinan definitif, yakni pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Dinas Pendidikan, Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia, Dinas Lingkungan Hidup serta Sekretaris Dewan (Setwan).

Dikatakannya, kekosongan posisi tersebut harus segera diisi. Hal tersebut dilakukan agar Pemerintah Kota Cimahi lebih cepat bersinergi dengan seluruh elemen penggeraknya, terutama dengan dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi.

Baca Juga : Rotasi di Pemkot Cimahi, Tutup Lubang Lalu Gali Lubang

"Karena kita tahu pekerjaan rumah di Cimahi semakin menumpuk. Jika lambat diatasi, ini akan berdampak pada ketidakpercayaan masyarakat kepada pimpinannya. Pak Ajay jangan menunggu trust masyarakat semakin merosot," beber Arlan.

Kendati demikian, Arlan tetap mengapresiasi rotasi yang dilakukan Ajay. Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan langkah tepat dan sesuai dengan kebutuhan organisasi.

"Karena setelah setahun memimpin baru rotasi dan mutasi. Tapi kita tunggu saja hasil dari rotasi semalam," ujarnya.

Dia juga menunggu langkah dari Pemerintah Kota Cimahi untuk segera memilih Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi yang saat ini dijabat penanggung jawab pasca pensiunnya Sekda sebelumnya, Muhammad Yani.

Baca Lainnya