Sabtu, 13 Januari 2024 20:18

KRI Bontang 907 Bantu Evakuasi Kapal Ikan yang Terapung 12 Hari di Perbatasan Indonesia-Thailand

Penulis : Bubun Munawar
KRI  Bontang-907 berhasil membantu evakuasi Kapal Motor (KM) Baru Hijrah yang mengalami kerusakan mesin di laut perbatasan Indonesia-Thailand.
KRI Bontang-907 berhasil membantu evakuasi Kapal Motor (KM) Baru Hijrah yang mengalami kerusakan mesin di laut perbatasan Indonesia-Thailand. [Puspen TNI]

Limawaktu.id, Aceh -  Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bontang-907 yang sedang melaksanakan operasi Siaga Sakti-24 dibawah Komando Danguspurla I, berhasil membantu evakuasi Kapal Motor (KM) Baru Hijrah yang mengalami kerusakan mesin di laut perbatasan Indonesia-Thailand pada Selasa (9/1) lalu.

“Kejadian berawal ketika prajurit KRI Bontang-907 mendapati Kapal Motor (KM) Baru Hijrah jenis Kapal Ikan yang mengalami kerusakan mati mesin yang Terapung-apung selama 12 hari di laut perbatasan Indonesia-Thailand,” terang Komandan KRI Bontang-907 Letkol Laut (P) Lexy Effraim Dumais, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/1/2024).

Dia menyebutkan atas kondisi tersebut Lexy kemudian  melaporkan dan berkoordinasi kepada pimpinan untuk membantu evakuasi dan menarik (Towing) KM. Baru Hijrah ke perairan Pantai Aceh.

Selanjutnya, KRI Bontang-907 melaksanakan penarikan selama 2 hari. Sesampai di perairan Aceh, KM. Baru Hijrah ditarik oleh nelayan sekitar untuk mendapatkan perbaikan di Kuala Idi.Pelaksanaan perbantuan Kapal Ini merupakan implementasi dari perintah pimpinan TNI, agar Prajurit TNI khususnya TNI AL lebih adaptif dan fleksibel sehingga dapat berdampak lebih dekat dengan masyarakat.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam merespon cepat informasi yang diterima, terutama dalam memberikan manfaat bagi masyarakat sekelilingnya khususnya di wilayah perairan Indonesia.

Baca Lainnya