Jumat, 2 Februari 2024 0:00

KPU Cimahi Simulasikan Pemungutan Suara dan Antisipasi Kejadian Bencana

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Kota Cimahi – Untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, akan melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara,  pada Sabtu (3/2/2024).

Dalam Simulasi yang akan dilakukan di TPS 34 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah tersebut, pelaksanaan simulasi akan dilakukan oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di TPS bersangkutan dengan peserta dari Daftar Pemilih Tetap di TPS 34.

Ketua KPU Kota Cimahi Anzhar Ishal mengungkapkan, kegiatan  tersebut dilakukan untuk mensimulasikan bagaimana pelaksanan Pemungutan dan Perhitungan Suara dilakukan, sehingga akan menjadi gambaran pada saat pelaksanaan Pemiul 14 FEbruari 2024.

Dia menjelaskan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dilakukan sebagai panduan bagi pemilih agar bisa mendapatkan informasi yang utuh terkait alur proses menunaikan hak pilih di TPS.

“Selain itu sebagai penyelenggara Pemilu khususnya PPK dan PPS, kegiatan simulasi ini menjadi pedoman bagi mereka terkait proses pemungutan dan penghitungan suara kepada KPPS di satker masing-masing,” ujarnya.

Sementara saat disinggung soal pemilih dari penyadang disabilitas, Anzhar mengatakan, pihaknya akan melakukan penelusuran pada DCT yang ada di TOS bersangkutan sehingga akan menjadi gambaran seperti apa ketika di TPS ada penyandang disabilitas.

“Kita lihat datanya dulu, mudah-mudahan di TPS 34 tersebut ada penyandang disabilitas supaya bisa memberikan gambaran untuk pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024,” katanya.

Tak hanya soal disabilitas, KPU Kota Cimahi juga melakukan antisipasi atas kemungkinan terjadinya bencana di lokasi TPS yang rawan bencana seperti banjir dan sebagainya.

“Kita akan antisipasi TPS yang rawan bencana dengan alternatif TPS lain yang tidak jauh dari lokasi TPS yang bersangkutan,” pungkasnya.

 

 

 

Baca Lainnya