Sabtu, 25 November 2023 19:35

KPU Bandung Barat Ajak Generasi Z Serap Informasi Pemilu dan Melawan Hoax

Reporter : Bubun Munawar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelar Jambore OSIS KBB yang diselenggarakan di SMAN 1 Cisarua, KBB, Sabtu (25/11/2023).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelar Jambore OSIS KBB yang diselenggarakan di SMAN 1 Cisarua, KBB, Sabtu (25/11/2023). [Istimewa]

Limawaktu.id -  Bandung Barat- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengajak Generasi Z memanfaatkan medsos untuk mengkonsumsi informasi Pemilu 2024 dengan baik. Selain itu Generasi Z pun harus mampu memilah informasi Pemilu 2024 bahkan harus bisa memerangi informasi palsu (hoax).

Hal tersebut terungkap dalam gelaran Jambore OSIS KBB yang diselenggarakan di SMAN 1 Cisarua, KBB, Sabtu (25/11/2023).

 " Gen Z ini, generasi unggul. Mereka tumbuh dan berkembang di era keterbukaan informasi dan kemudahan mengakses berbagai informasi secara global. Pada Pemilu 2024, suara mereka akan sangat menentukan iklim demokrasi di Indonesia kini dan di masa mendatang, " ujar Kadiv Sosialisasi dan Parmas KPU KBB, Deni Firman Rosadi di sela Jambore OSIS KBB.

Generasi Z adalah generasi unggul, katanya, "Indonesia Emas" yakin terlaksana dan bukan lagi sebatas cita-cita.

 "Partisipasi memilih atau tidak golput akan menjadi tonggak kelanjutan bangsa ini. Dan mereka Generasi Z saya yakin akan berperan dalam Pemilu ini, " beber anggota KPU KBB asal Kecamatan Gunung Halu ini.

Generasi Z merupakan generasi yang lahir pada 1997-2012. Saat ini Gen Z di Indonesia pada umumnya sedang menempuh pendidikan tinggi, pendididikan menengah setara SMA/SMK dan pendidikan SMP. Generasi ini lahir dalam era digital yang sudah mapan. Mereka tumbuh dengan telepon cerdas dan hampir tiap hari bersentuhan dengan medsos.

Tercatat, jumlah pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di KBB adalah sebanyak 1.317.866 pemilih. Sebanyak 24,06 persen atau setara dengan 317.091 orang pemilih adalah generasi Z, sedangkan jumlah pemilih yang berasal dari generasi milenial adalah sebanyak 441.446 setara dengan 33,50 persen dari total pemilih di KBB.

Selain berpartisipasi untuk menyalurkan hak pilih, KPU KBB juga berharap Generasi Z mampu menjadi penyelenggara Pemilu di tingkat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). "Tidak sedikit Generasi Z yang saat ini telah menjadi panitia adhoc Pemilu. Baik menjadi PPK di kecamatan maupun menjadi PPS di setiap desa. Untuk menjadi KPPS di Tempat Pemungutan Suara pun generasi ini sangat kami harapkan untuk berperan aktif, " tandasnya.

Baca Lainnya