Rabu, 18 Mei 2022 19:58

KPPI Kota Cimahi Edukasi Kaum Perempuan Melek Politik

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Salah satu pendukung demokrasi yang sangat potensial adalah keterlibatan Kaum Perempuan dalam kancah politik. Sudah saatnya penguatan hak politik dan Pendidikan Politik bagi perempuan diutamakan, karena Pendidikan politik bagi perempuan harus mempunyai arah yang jelas sehingga kaum perempuan memiliki jati diri yang kuat dalam kiprah politiknya.

“Perlu terus dilakukan edukasi kepada kaum perempuan sehingga mereka memiliki kesadaran sendiri  dalam menentukan hak politiknya,” ungkap Ketua Kaukus Politik Perempuan Indonesia (KPPI) Kota Cimahi Aida Cakrawati, disela Pelatihan Politik Bagi Kaum Perempuan Tingkat Kecamatan Cimahi Selatan, yang digelar di Aula Kecamatan Cimahi Selatan, Jalan Baros Kota Cimahi, Rabu (18/5/2022).

Menurut Aida banyak kaum perempuan yang belum memiliki kesadaran dalam menentukan pilihan politiknya, sehingga masih bertanya kepada pendamping hidupnya dalam menentukan sikap politiknya. Padahal dengan mendukung  perempuan di kancah politik terutama di legislatif atau eksekutif  akan mendukung upaya keterlibatan kaum perempuan dalam hal penentuan kebijakan dan anggaran di pemerintahan untuk meningkatkan  kepentingan dan hak-hak kaum perempuan.

Dikatakannya, Politisi perempuan sangat diharapkan bisa memberikan warna dan penyeimbang dalam kiprahnya di dunia politik. Tetapi karena masih kurangnya pengalaman, pendidikan politik, faktor sosial dan budaya,mengakibatkan jumlah perempuan masih sangat minim dalam kancah politik di Indonesia.

“Oleh karena itu, jalan yang harus ditempuh adalah menciptakan kesadaran politik perempuan dalam meningkatkan peran politiknya, ya dengan edukasi,” katanya.

Sementara, Emi, salah seorang peserta pelatihan asal Kelurahan Leuwigajah menyatakan,  pendidikan politik yang dilaksanakan oleh KPPI Kota Cimahi merupakan hal yang bagus dan bermanfaat, karena akan meningkatkan kesadaran kepada kaum perempuan bagaimana cara berpolitik yang baik dan benar.

“Kaum perempuan dalam melaksanakan aktivitas politiknya harus bersih, berpenddidikan dan berkomunkasi yang baik,” paparnya.

Sedangkan Kepala Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kota Cimahi Fitriani Manan mengatakan, Pendidikan Politik yang dilaksanakan KPPI ini ditujukan untuk mencerdasakan kaum perempuan di Kota Cimahi untuk memiliki wawasan yang baik tentang politik .

  

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer