Selasa, 14 Agustus 2018 7:53

Kotaku Sentuh RW 05 Kelurahan Melong Cimahi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Dari 36 Rukun Warga (RW) di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, 20 diantaranya dikategorikan sebagai wilayah kumuh.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Melong Sejahtera Djuarsa Rahardja mengatakan, pada tahun ini, RW 05 termasuk dalam salah satu wilayah  yang akan dilakukan pananganan. Beberapa kegiatan yang digulirkan lewat Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah perbaikan rumah tidak layak huni, perbaikan jalan setapak dan pengadaan air bersih serta tempat pembuangan sampah.

Baca Juga : Kotaku Menjadi Solusi dalam Mengatasi Persoalan Lingkungan

“Dari 20 RW yang dikategorikan kumuh tersebut, lewat program Kotaku yang jadi prioritas baru satu RW yaitu di RW 05,” jelasnya, disela Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat, di Kantor BKM Melong Sejahtera, Senin (13/8).

Sebelum program Kotaku digulirkan, di Kelurahan Melong  telah dilakukan perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 48 dan 50 yang dibiayai oleh APBD Provinsi maupun Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). 2018 ini merupakan tahun pertama program Kotaku digulirkan di Kelurahan Melong untuk melakukan penanganan lingkungan di RW 05 yang akan dilaksanakan di empat RT.

Baca Juga : Kotaku Perbaiki Infrastruktur Empat RW di Cigugur Tengah

Dikatakan Djuarsa, warga setempat sebenarnya mengetahui jika kondisi lingkungannya termasuk dalam katagori wilayah kumuh, namun mereka terpaksa tetap tinggal di daerah tersebut . Untuk memenuhi lingkungan yang sehat, BKM Melong Sejahtera melakukan upaya agar lingkungan warga bisa teratata dan sehat.

“ Perbaikan infrastruktur yang paling dirasakan manfaatnya oleh warga adalah perbaikan jalan setapak, penyediaan air bersih maupun perbaikan drainase,” katanya.

Baca Juga : Kotaku Direspon Positif Warga Kelurahan Padasuka Cimahi

Lurah Melong Deden Hidayah  mengapresiasi program Kotaku yang digulirkan pemerintah, karena sangat membantu terlaksananya penataan lingkungan warga supaya lebih sehat.

“Kotaku menurut  saya luar biasa. Saya sangat mengapresiasi dengan digulirkannya program ini, mudah-mudahan BKM sebagai pelaksana Kotaku bisa menjadi mitra kelurahan dalam menangani wilayah kumuh di Kelurahan Melong,” ungkapnya.

Baca Lainnya