Sabtu, 11 Agustus 2018 10:35

Kotaku Perbaiki Infrastruktur Empat RW di Cigugur Tengah

Reporter : Fery Bangkit 

Limawaktu.id - Sembilan dari 19 RW di Kelurahan Cigugur Tengah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi dikategorikan sebagai wilayah kumuh yag harus mendapatkan penanganan khusus. Melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU),  mulai 2017 lalu, kesembilan RW tersebut akan mendapatkan penanggulangan.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Cigugur Tengah Jejen Jaenudin mengungkapkan, pada 2017 lalu baru satu RW yang mendapatkan penanganan wilayah kumuh melalui program Kotaku.

Baca Juga : Kotaku Menjadi Solusi dalam Mengatasi Persoalan Lingkungan

Pada tahun lalu baru satu RW yang mendapatkan penanganan dari pemerintah melalui Program Kotaku yaitu di RW 04, dengan melakukan penataan infrastruktur jalan lingkungan. Pada tahun ini ada tiga RW yang akan dilakukan penataan.

“Sampai 2018 ini akan ada empat RW yang akan diperbaiki infrastruktur di masing-masing wilayah yang bersumber dari Program Kotaku,” ungkapnya.

Dikatakan Jejen, meskipun mendapatkan bantuan dari pemerintah lewat Program Kotaku yang diluncurkan Kementerian PUPR, namun partisipasi masyarakat cukup tinggi. Hal itu dibutktikan secara swadaya warga ikut membantu pelaksanaan penataan lingkungan berupa perbaikan jalan lingkungan. Selain berupa tenaga warga RW 04 Kelurahan Cigugur juga memberikan bantuannya berupa konsumsi untuk para pelaksana perbaikan infrastruktur tersebut.

Lurah Cigugur Tengah Yuyus Supriatna menyebutkan, selain mendapatakan bantuan dari program Kotaku, Warga Cigugur Tengah juga ada 61 perbaikan rumah dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari kementerian PU. Dari jumlah tersebut sebanyak 27 rumah,  berasal dari program perbaikan Rumah tidak layak Huni (Rutilahu).

Menurut Yuyus, program Kotaku yang dilakukan pada tahun lalu di RW 04 ini selain merubah kondisi infrastruktur jalan di wilayah tersebut juga menjadi motivasi bagi warga untuk merubah perilaku hidupnya terhadap lingkungan.

“Tak hanya menikmati perbaikan infrastruktur saja, program Kotaku yang dilakukan di RW 04 mampu mendorong perubahan perilaku warga kami,” pungkasnya.

Baca Lainnya