Rabu, 17 Oktober 2018 12:46

Kotaku Munculkan Swadaya Warga Kelurahan Cibeureum 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Cimahi- Diluncurkannya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi mendorong masyarakat setempat untuk berpartisipasi secara swadaya menuntaskan perbaikan sarana lingkungan warga setempat. 

Unit Pelaksana Lapangan (UPL) BKM Cibeureum Jajang mengungkapkan, tiga lokasi yang menjadi fokus penataan lingkungan di Kelurahan Cibeureum dilakukan dengan memperbaiki jalan setapak, dranaise dan penyediaan sarana air bersih dengan dibuatkannya sumur bor. 

Baca Juga : Kotaku Menjadi Solusi Warga Padasuka Menata Lingkungan

"Anggaran yang diserap melalui program Kotaku di Kelurahan Cibeureum senilai Rp. 311 juta bisa direalisasikan dan mampu mendorong warga untuk secara swadaya membantu pelaksanaan program Kotaku di Kelurahan Cibeureum," ungkap Jajang. 

Salah seorang warga Cibeureum, Nurochman berterimakasih dengan adanya program Kotaku di daerahnya, karena membantu warga dalam mendapatkan pelayanan sarana lingkungan maupun sanitasi yang lebih baik. 

Baca Juga : Kotaku Memotivasi Warga Leuwigajah untuk Gotong Royong

"Program seperti ini sangat ditunggu masyarakat karena manfaatnya bisa langsung dirasakan, jelasnya. 
Lurah Cibeureum Rika Mardiana mengatakan, Program Kotaku digulirkan pemerintah agar masyarakat merasakan manfaat pelayanan yang diberikan pemerintah. 

"Masyarakat berhak mendapatkan pelayanan lingkungan yang bersih dan sehat, sedangkan pemerintah berkewajiban untuk merealisasikannya," pungkasnya.

Baca Lainnya