Jumat, 28 September 2018 15:31

Kotaku Menjadi Solusi Warga Padasuka Menata Lingkungan

Reporter : Fery Bangkit 


Limawaktu.id,- Warga Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi merasa terbantu dengan adanya penataan lingkungan dan sanitasi yang digulirkan Kementerian PUPR lewat Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Pasalnya dengan penataan yang dilakukan,  lingkungan warga menjadi lebih nyaman. Tak hanya itu, pengadaan sarana air bersih dan dranaise sangat dirasakan manfaatnya oleh warga setempat. 

Baca Juga : Warga Kelurahan Cibabat Menikmati Sarana Fisik Program Kotaku 

Menurut Asep, Ketua RW 15 Kelurahan Padasuka yang juga ketua RW setempat, Kotaku yang dilaksanakan di Kelurahan Padasuka menjadi program yang ditunggu warga, karena selama ini terjadi kekurangan air bersih, terutama saat musim kemarau. 
"Pembuatan sumur bor di dua titik menjadi solusi bagi warga kami untuk mememenuhi kebuthan air bersih," jelasnya. 

Hal yang sama disampaikan Ketua RW 07 Kelurahan Padasuka Sutiono Anwar. Menurutnya, program Kotaku mampu mendorong warga untuk kompak dalam menjaga dan menata lingkungan. 

Baca Juga : Rutinitas Warga Citeureup Memelihara Lingkungan yang Sehat 

"Awalnya kami merasa malu dengan predikat sebagai wilayah kumuh, namun dengan adanya penataan lingkungan dan perbaikan dranaise bantuan pemerintah, warga merasa berterimakasih. Bahkan saat lomba lingkungan sehat, kami meraih predikat juara ke-2," paparnya. 

Lurah Padasuka Ahmad Taufik mengungkapkan, Kotaku merupakan kegiatan positif yang berdampak pada peningkatan pola hidup bersih dan sehat warga Padasuka. 
"Kami harapkan dengan Kotaku akan merubah perilaku warga dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat," pungkasnya.    

Baca Lainnya